Ribuan Petani Hutan di Indramayu Hadiri Harlah SPTIB Ke-4 Tahun

  • Bagikan
Ribuan petani hutan di Indramayu hadiri kegiatan ulang tahun SPTIB (Serikat Pejuang Tani Indramayu Barat) yang ke-4 tahun, di Desa Tanjungkerta Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Minggu (30/12/2018 Foto.Red)

Tanganrakyat.id – Indramayu – Ribuan petani hutan di Indramayu hadiri kegiatan milad SPTIB (Serikat Pejuang Tani Indramayu Barat) yang ke-4 tahun, di Desa Tanjungkerta Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Minggu (30/12).

Acara tersebut mengambil tema “Serikat kuat, mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan untuk menunjang kedaulatan pangan nasional” digelar cukup sederhana namun meriah. dengan diikuti antusias oleh ribuan anggotanya.

Milad SPTIB yang ke-4 tahun juga dihadiri oleh perwakilan dari Kapolres Indramayu, perwakilan Dandim dari Kodim 0616 Indramayu, Kepala Desa Tanjungkerta, serta tokoh masyarakat.

Milad dimeriahkan dengan pagelaran kesenian daerah yakni Tari Serimpi, Kuda Depok, serta pawai karnaval petani dengan berkeliling kampung hingga puluhan kilometer dengan membawa tumpengan dan baliho bergambar SK IPHPS (Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial) dari KLHK, sebagai ungkapan rasa syukur petani atas terbitnya SK IPHPS tersebut.

Ketua umum SPTIB, Wajo mengungkapkan, perayaan harlah SPTIB yang ke-4 tahun ini, pihaknya sangat berbahagia, karen dibarengi dengan terbitnya SK IPHPS di 4 lokasi.

“Kami berterimakasih kepada presiden republik Indonesa Bapak Jokowi yang telah melegalkan tanah kami melalui SK IPHPS, terima kasih juga kepada segenap kawan pendamping dan semua yang membantu dalam proses keluarnya SK IPHPS,” ungkapnya

Wajo menyebutkan, 4 lokasi tersebut yakni Desa Kroya dengan luas 522 hektar sebanyak 408 KK, Desa Mekarjaya dengan luas 69 hektar sebanyak 71 KK, Desa Sanca dengan luas 350 hektar sebanyak 217 KK, Desa Cikawung dengan luas 203 hektar sebanyak 133 KK.

“Program kerakyatan yang ada di pemerintahan Jokowi membuat kami para kaum tani tuna lahan menjadi punya kepastian secara hukum,” tegasnya.

Kuwu Desa Tanjungkerta, Rasma dalam sambutannya berharap, pada harlah ke-4 tahun ini SPTIB lebih maju, berkembang, anggotanya subur dan makmur

“Pemerintah desa mendukung SPTIB untuk memakmurkan petani, jangan sampai tertindas oleh Perum Perhutani,” kata dia. (KkP)

  • Bagikan

Comment