Safari Pancasila, Kepala BPIP Apresiasi Warga Palangkaraya Penuh Toleransi

  • Bagikan
Masjid Al-Ashar yang berdampingan dengan Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nasaret,(Foto.Istimewa)

Tanganrakyat.id – Palangkaraya, Kalimantan Tengah-Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd mengapresiasi kerukunan antar umat beragama di tengah warga Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya-Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Prof. Hariyono disela safari Pancasila ke wilayah tersebut pada Sabtu, 23 Februari 2019 kemarin, menyambangi warga di daerah itu menyampaikan dirinya berkesempatan mengunjungi warga Amaco dan melakukan ramah tamah sambari belajar dan menggali nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat. Sebagaiman di ketahui di daerah itu terdapat Masjid Al-Ashar yang berdampingan dengan Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nasaret.

Masjid Al-Ashar Di Kalimantan Letaknya Dekat Bangunan Gereja, (Foto.Istimewa)

“Yang menarik dari kehidupan masyarakat di perumahan Amako adalah tradisi kerukunan antar umat beragama warga yang sudah terjalin sejak lama. Dimana Rumah Ibadah Gereja dapat Berdampingan dengan Rumah ibadah Mesjid,” ucap Hariyono, Minggu (24/2/2019).

Ditekankan dia, kerukunan tampak bukan hanya pada letak rumah ibadah yang dapat berdampingan, tapi juga dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Warga selalu saling membantu satu sama lain ketika perayaan Hari-hari besar Agama masing-masing.

Pada kesempatan itu, Hariyono juga menjadi pembicara utama pada Dies Natalis Ke-69 GMKI dan Seminar Nasional Kebangsaan sekaligus Pelantikan Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BPC GMKI) Palangka Raya Masa Bakti 2019-2021 yang bertemakan, “Kalimantan Tengah Rumah Pancasila.”

Di Aula Kampus Sekolah Tinggi Agama Kristen Palangka Raya Negeri (STAKN) Tampung Penyang RTA. Milono Km. 6, Palangka Raya. Pemateri dalam kegiatan itu selain Prof. Hariyono, M.Pd, Irjen. Pol. Anang Revando Kapolda Kalteng, H. Agustiar Sabran, Ketua DAD Kalteng, Satriadi Ketua Bawaslu Kalteng dan Netto WS. Rahan, M.Si, M.Th Ketua STAKN Palangka Raya.

Agustiar Sabran Ketua DAD Kalteng menyambut baik atas acara yang diselenggarakan Pemuda Millenial Kalimantan Tengah yang penuh semangat dan enerjik.

Kegiatan di Tambun Bungai Bumi Pancasila Kalteng ini, Senior GMKI Drs.William Katopo berharap agar Pembinaan Pancasila bisa masuk sampai ke Daerah Provinsi hingga Desa.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Korneles Galanjinjinay menambahkan masuknya paham radikalisme dan intoleran ke dalam kampus, untuk itu mahasiswa perlu aktif memperkuat kembali ideologi Pancasila demi menjaga keutuhan NKRI.

Kehadiran mereka disambut dengan penuh kehangatan oleh H. Moh Hatta Ketua Takmir di Mesjid Al-Azhar didampingi dengan Pdt.Agustiman Ketua Jemaat Gereja Kristen Evangelis Nazaret, Ketua GMKI Palangka Raya Alfrit Dody juga nampak hadir di kegiatan itu Ferdinandus Setu, Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Abhan,SH.,MH.(Adn)

  • Bagikan

Comment