Tingkatkan Efektivitas Program CSR, Pertamina Adakan Survei IKM

  • Bagikan
Tingkatkan Efektivitas Program CSR, Pertamina Adakan Survei IKM (Foto. Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu  – Guna mengukur tingkat kepuasan penerima manfaat terhadap pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina mengadakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap kelompok masyarakat yang menjadi mitra binaan CSR RU VI di Balongan.

Survei dilaksanakan selama 4 (empat) hari, 16 – 19 September 2019 yang bekerjasama dengan Trisakti Sustainability Center (TSC) sebagai surveyor.

Program CSR Pertamina Refinery Unit VI Balongan yang disurvei diantaranya Aplicated Zero Wasted Mushroom (kelompok Suka Urip Jamur Tiram, Kelompok Wismajati, dan kelompok olahan jamur tiram Sujati) , SLBB Mutiara Hati, pemberdayaan pemuda berbasis safety (Foksi), taman keanekaragaman hayati dan mangoes center (kelompok WTC), ekowisata mangrove Karangsong (kelompok Pantai Lestari), pemerintah desa, serta Camat Balongan.

Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan mengatakan survei dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas dan kepuasan dari kelompok masyarakat yang selama ini menerima manfaat dari program CSR RU VI.

“Kami harapkan melalui survei IKM ini bisa mendapatkan informasi dan umpan balik tentang program CSR yang selama ini digulirkan kepada masyarakat, sehingga apabila terjadi permasalahan bisa menjadi acuan untuk memperbaiki kedepannya”, ungkap Eko.

Dikatakan Eko, dalam pelaksanaan survei ini, tim dari TSC tidak mendapat pendampingan dalam mengumpulkan data dan informasi dari masyarakat serta tidak memberikan intervensi kepada surveyor sehingga informasi yang didapat adalah sepenuhnya dari masyarakat. (Red)

  • Bagikan

Comment