Pemdes Sambimaya Dan Disbudpar Sosialisasi Temuan Bangunan Candi

  • Bagikan
TACB Indramayu Bersama Muspika Juntnyuat Dan Pemdes Sambimaya Sosialisasi Temuan Arkeologi Candi Budha. (Foto. Red).

Tanganrakyat.id, Indramayu – Pemerintah Desa Sambimaya  bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) adakan sosialisasi temuan  struktur bangunan candi di desa Sambimaya Kecamatan Juntinyuat. Hadir dalam sosialisasi Danramil Juntinyuat Kapten Nariman, Kanit intel. Polsek Juntinyuat Aiptu Anang, Kasie Pol Pamong Praja Ipan, Kuwu Sambimaya H Sutarman, Ketua BPD Desa Sambimaya Cus Tisna dan juga Masyarakat, Selasa (05/11/2019) bertempat di Balai Desa Sambimaya.

Dalam Sosialisasinya  Kasie Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpar Indramayu Tinus Suparto mengatakan keberadaan temuan struktur bangunan yang diduga candi di Desa Sambimaya ini akan menjadi kebanggaan masyarakat di Desa Sambimaya. Selain sebagai destinasi wilayah baru, temuan ini akan menjadi ajang penelitian bagi para arkeolog, sejarahwan, terkait adanya candi di Kabupaten Indramayu.

Tinus juga mengajak seluruh masyarakat Desa Sambimaya untuk dapat bekerjasama dengan tim peneliti untuk memberikan masukan informasi baik terkait dengan temuan lain yang masih tersimpan di rumah rumah agar diserahkan kepada Kepala Desa Sambimaya.

Sedangkan, ketua TACB Indramayu Dedy Musashi memastikan temuan struktur bangunan candi tersebut akan diteliti oleh para arkeolog dari Balai Arkeologi  Bandung. Penelitian akan dimulai pada hari jumat (9/11) hingga Minggu (11/11) lusa, dan dipimpin langsung oleh Kepala Balar Bandung.

TACB Indramayu Bersama Muspika Juntnyuat Dan Pemdes Sambimaya Sosialisasi Temuan Arkeologi Candi Budha.

Penelitian awal ini, kata Dedy, akan dilakukan di sekitar temuan struktur bangunan di Blok Dingkel dan Blok Sambilawang Lor yang banyak ditemukan susunan batu bata dan fragmen batu bata yang berserakan. (C.tisna).

  • Bagikan

Comment