Pemda Indramayu Adakan Siskeudes Agar Tidak Gunakan Dana Desa Sembarangan

  • Bagikan
Pemda Indramayu Adakan Siskeudes Agar Tidak Gunakan Dana Desa (Foto. Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Pemerintah Kabupaten Indramayu adakan bimbingan teknis penggunaan Dana desa agar bisa di pergunakan sebagaimana mestinya dan transparan sehingga nanti dikemudian hari tidak timbul permasalahan baru. Ini disampaikan oleh Taufik Hidayat selaku Plt. Bupati Indramayu saat membuka pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi operator desa se Kabupaten Indramayu, Selasa (19/11/2019) di Aula Bank Jabar Banten.

Saat ini masih terdapat kesenjangan yang tinggi antara tuntutan kompetensi dengan kondisi sumber daya manusia (SDM) di desa agar dapat mengelola keuangan dengan baik maka perlu adanya aplikasi Siskeudes.

Masih menurut Taufik penguatan pemerintahan desa sudah tercantum dalam program kerja Pemerintah Kabupaten Indramayu seperti yang tertuang dalam “misi ke-6“ yakni menguatkan peran pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat.

Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi operator desa se Kabupaten Indramayu (Foto. Red)

Untuk mewujudkan itu, pemerintah desa mendapatkan dana yang cukup besar baik dana desa, alokasi dana desa, bantuan keuangan provinsi, bagi hasil pajak dan penerimaan lainnya, di Kabupaten Indramayu APBDes tahun 2019 paling kecil 1,5 miliar dan terbesar sampai 3 miliar.

“Semua pengunaan dana desa harus terencanakan, dan jangan sembarangan dalam penggunaannya,” tegas Taufik.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heriyanto, mengatakan, bimbingan teknis operator Siskeudes online tersebut sebagai upaya untuk peningkatan tata kelola keuangan desa tingkat Kabupaten Indramayu.

Kegiatan itu diharapkan dapat terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib, disiplin anggaran dan berbasis aplikasi online.

Sugeng menambahkan, kegiatan bimbingan teknis Siskeudes online dilaksanakan selama 16 (enam belas) hari dari tanggal 19 November – 06 Desember 2019. Sedangkan peserta kegiatan ini diikuti oleh 371 peserta.

Adapun rincian peserta yang mengikuti bimbingan yaitu dari tanggal 19-20 November di Aula Bank bjb Cabang Indramayu (63 peserta), tanggal 21-22 November di aula Kecamatan Juntinyuat (49 peserta), tanggal 25-26 November di aula Kecamatan Jatibarang, (59 peserta), tanggal 27-28 November di aula Kecamatan Bangodua, (49 peserta), tanggal 29 November-02 Desember di aula Kecamatan Lelea, (47 peserta), tanggal 03-04 Desember di aula Kecamatan Losarang, (48 peserta), tanggal 05-06 Desember di aula Kecamatan Anjatan, (56 peserta). (Editor: Yul)

  • Bagikan

Comment