DEM Banyumas Gelar Seminar Nasional Energi Terbarukan Potensi Pembangunan Negeri

  • Bagikan

Tanganrakyat.id, Banyumas Purwokerto – Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas bersinergi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITT Telkom Purwokerto yang disponsori oleh Pertamina menyelenggarakan acara seminar nasional dengan tema “Energi Terbarukan Potensi Pembangunan Negeri” Jum’at (22/11/2019).

Ketua Panitia penyelenggara seminar Gayatri Aini menyebut jumlah peserta seminar ini mencapai 500 peserta dari seluruh penjuru Indonesia baik dari Mahasiswa maupun dari kalangan umum.

Menghadirkan para pembicara mulai dari akademisi energi terbarukan dari Universitas Jenderal Soedirman, Ropiudin, S.TP., M.Si. yang pada intinya menyampaikan materi mengenai potensi potensi energi terbarukan di Indonesia, khususnya Potensi Geothermal, Pembicara kedua, Bpk. Dicky Firmansyah, juga menuturkan dan mengingatkan pentingnya energi. Dalam seminarnya juga mengajak para peserta untuk kembali ke kedaulatan energi Indonesia, khususnya inovasi-inovasi dari Mahasiswa itu sendiri.

Menurut Pengamat Energi Nasional, Ugan Gandar juga memberikan kesadaran bahwasannya mahasiswa dari setiap disiplin ilmu mempunyai peran penting dalam pengelolaan energi di Indonesia. Oleh karenanya, perlu sinergitas dari seluruh komponen khususnya semangat mahasiswa mulai menjaga, memelihara hingga memperjuangkan kedaulatan energi nasional melihat Indonesia itu memiliki potensi sumber energi terbarukan yang besar, dan kita harus sanggup mengelola dan menjaganya.

Dalam seminar tersebut, juga dihadiri oleh Dewan Energi Mahasiswa dari seluruh Indonesia, yaitu DEM Aceh, Riau, Tangerang, Serang, Jakarta, Bandung, Indramayu, Semarang, UNDIP, UNNES, UPNVYK, Surabaya, Banyuwangi, PTAI Jember, Jember, Bali, Makassar, Sulut sebagai bentuk aksi nyata mewujudkan pemahaman bersama dalam menciptakan pergerakan menjaga kedaulatan energi.

Menurut Robi Juandry, Sekjen DEM Indonesia, menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan sangat sangat melimpah, dan penting untuk kita kuasai penuh, bukan pihak asing, beliau juga mengajak mahasiswa yang hadir dalam seminar untuk lebih sadar memikirkan kondisi negeri di sektor energi.

Lain halnya dengan Rosyid Al Hakim, Ketua Umum Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas menambahkan bahwasannya negara Indonesia itu negara kepulauan berada di garis khatulistiwa dan sangat melimpah untuk potensi energi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan.

Potensi energi yg paling besar adalah panas bumi/geothermal dimana cadangan panas bumi sebesar 40% di dunia sebagaimana telah disampaikan Pak Ropiudin. (Red)

  • Bagikan

Comment