oleh

F-PRB Bersama BPBD Juga Berbagai Pihak Tanam Rumput Vetiver Ditanggul Cimanuk

-Daerah, Sosial-177 views

Tanganrakyat.id, Indramayu – Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) TNI/Polri, Tagana, Karang Taruna, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari, Darma Wanita Persatuan, dan TP PKK berjibaku dalam penanganan tanggul kritis di sepanjang DAS Cimanuk dengan upaya penanaman rumput vetiver.

Alam Sukmajaya Ketua F-PRB Kabupaten Indramayu turun langsung ke lokasi penanaman yang dipusatkan ditanggul DAS Cimanuk Blok Gandok Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang, Rabu (12/02/2020).

Alam Sukmajaya Ketua F-PRB Dan Juga Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Komisi III Turun Langsung Dalam Giat Sosial Penanaman Vetiver Di Tanggul Sungai Cimanuk Blok Gandok (Foto. KkP)

Alam Sukmajaya mengatakan kita F-PRB bersama-sama dengan pemerintah dan stakeholder yang lain ikut terlibat dalam kegiatan penanaman vetiver mungkin pertama di Indonesia ya setelah bencana kepada Presiden ini langkah awal yang baik yang saya rasakan betul dan keterlibatan kita juga bagian dari tidak terpisahkan dari PRB (Pengurangan Risiko Bencana) kemudian tentu kita berharap Apa yang dilakukan pada hari ini akan ada tindak lanjut pada kegiatan penanaman pohon-pohon rumput vetiver tempat-tempat yang lain.

“Tentu pada wilayah yang kita anggap memang perlu dilakukan penanaman jadi intinya adalah keterlibatan PRB adalah bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, selanjutnya kita juga belajar dari apa yang sudah dilakukan pada hari ini ke depan insyallah kita juga akan melaksanakan kegiatan sendiri tentunya bersama-sama menggandeng BPBD di beberapa titik yang kita anggap itu cocok untuk dilakukan penanaman vetiver,” Ujar Alam, Rabu (12/02/2020) Pukul 12: 40 WIB, juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Indramayu.

Srikandi-Srikandi F-PRB Kabupaten Indramayu Dengan Penuh Semangat Ikut Tanam Vetiver (Foto. KkP)

Lanjut Alam nanti F-PRB juga akan melakukan Penanaman rencana di wilayah Sungai Cilalanang di Desa Sukaslamet, Kecamatan Kroya tanaman-tanaman yang mungkin bahasa orang kita adalah akar wangi memang punya keunggulan dibandingkan tanaman rumput rumput yang lain, kelebihan dari rumput ini adalah memang salah satu rumput yang punya akar sampai 3 s/d. 5 meter ke bawah tebing dengan demikian akar ini bisa mengikat air hingga kemudian bisa mengurangi dampak yang lebih besar berkaitan dengan kebencanaan di masing-masing wilayah.

Sedangkan Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat menjelaskan, penanaman rumput vetiver merupakan langkah tepat untuk mengurangi tanah longsor yang diakibatkan oleh erosi.

Rumput vetiver dapat menahan tanah longsor dikarenakan memiliki akar yang cukup kuat dengan panjang akar yang bisa mencapai 3-5 meter ke dalam tanah. Dengan kedalaman akar tersebut, rumput itu tidak akan bisa dicabut oleh satu orang.

“Pencanangan penanaman rumput vetiver ini secara nasional sudah dilakukan oleh Pak Presiden beberapa waktu lalu. Untuk Indramayu kita canangkan di DAS Cimanuk, karena rumput vetiver ini sangat bagus untuk mengurangi longsoran karena erosi,” tegas Taufik.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana melalui Kasie Rekonstruksi, Doktor Caya mengatakan, jumlah rumput vetiver yang ditanam berjumlah 58.280 batang. (KkP)

Komentar

News Feed