Bulan K3, Pertamina Kembali Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa

  • Bagikan
Bulan K3, Pertamina Kembali Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa (Foto. Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Dalam rangka memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tahun 2020, Pertamina RU VI Balongan kembali menggelar lomba karya tulis ilmiah tingkat mahasiswa se – wilayah Ciayumajakuning dengan tema ” Plastic/Styrofoam Waste Management, Disaster management and Recovery, Renewable Alternative Energy”, yang di gelar di Gedung Patra Ayu komplek perumahan Bumi Patra Indramayu.

Seleksi tahap awal peserta diwajibkan melakukan pendaftaran dan mengirimkan abstraksi karyanya. Tercatat ada 22 judul yang mendaftar, namun hanya 7 finalis yang lolos seleksi untuk mempresentasikan karyanya di hadapan tim juri. Bertindak sebagai juri lomba karya tulis ilmiah ini dari Pertamina RU VI yaitu Agustiawan, Wawan Darmawan dan Aldano Bridaga.

Dalam sambutanya Manager HSSE Sakti Purboyo mewakili GM RU VI Balongan menyampaikan acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan K3 yang melibatkan mahasiswa se – wilayah Ciayumajakuning dalam bentuk lomba karya tulis ilmiah.

“Kami berharap dengan tema terkait lingkungan dan energi terbarukan mahasiswa dapat berinovasi dalam memecahkan permasalahan sampah serta menemukan sumber energi baru yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kurniawan selaku Ketua panitia bulan K3 menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan guna menumbuhkan minat generasi muda dalam membuat karya ilmiah yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari sehingga bisa menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah termasuk plastik yang sangat sulit terurai.

“Tahun ini jumlah peserta yang mendaftar lomba karya tulis ilmiah meningkat. Ini menandakan banyak inovasi yang dilakukan mahasiswa terkait pemanfaatan limbah plastik, ataupun bahan-bahan dari alam yang bisa digunakan untuk pemecahan masalah sampah maupun untuk energi yang ramah lingkungan”, kata Kurniawan, (12/02/ 2020).

Keluar sebagai juara satu tim Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon dengan karya tulisnya yang berjudul “Trash Art Factory”, juara dua dimenangkan tim dari Akamigas Balongan dengan judul ” Pemanfaatan Stillage Dalam Proses Produksi Biogas”, sedangkan juara ketiga diraih oleh tim dari Poltekes Bakti Pertiwi Husada Cirebon dengan judul ” Daur Ulang Limbah Styrofoam”. (Red)

  • Bagikan

Comment