oleh

IPNU-IPPNU Kabupaten Indramayu Gelar Dialog Silaturrassa: Merawat Indonesia, Merawat Pancasila

-Daerah, Politik-383 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Indramayu resmi dilantik, Sabtu (29/2). di Gedung Pusat Dakwah Nahdlatul Ulama Kabupaten Indramayu selain pelantikan juga digelar dialog silaturrassa dengan tema “Merawat Indonesia, Merawat Pancasila”. Sabtu (29/2/2020).

Dalam dialog silaturrassa menghadirkan pembicara dari berbagai latar disiplin ilmu seperti Cendekiawan muslim yakni KH. Syakur Yasin, MA. pengasuh Pondok Pesantren Candang Pinggan Indramayu, Yonathan dari Gereja Katolik Indonesia Jatibarang, Wandi dari Dayak Bumi Segandu, Losarang, Indramayu. dan Mikail Isrofil vokalis band Marjinal dari Jakarta. Darwini ketua KPI Jawa Barat hadir sebagai moderator dialog tersebut.

Dialog Silaturrassa “Merawat Indonesia, Merawat Pancasila” (Foto. Wini)

Rizqi Fajarreza Ketua Pimpinan Cabang IPNU menerangkan,” Pancasila sebagai simbol kebhinekaan Indonesia perlu diterjemahkan ke dalam konteks yang lebih praktis. perlu upaya merajut kebhinekaan dengan menyadari bahwa Pancasila merupakan simbol dan identitas pemersatu bangsa ini di tengah masyarakat yang plural,” ujarnya, Sabtu (29/2/2020).

Bang Mike sapaan akrab Mikail Isrofil sebagai musisi yang lantang menyuarakan kebersamaan menyampaikan bahwa silaturrasa adalah silaturrahmi yang dirajut oleh asa dan rasa.” kita sebagai generasi millenial harus menanggalkan budaya kebarat-baratan ataupun ketimur-timuran. kita harus ingat bahwa kita lahir di bumi pertiwi Indonesia, bahwa kita adalah bhineka tunggal ika” imbuhnya.

Sedangkan Wandi menambahkan bahwa merawat keberagaman harus belajar dari musik,” meskipun bunyi satu dengan yang lainnya berbeda, tapi menciptakan alunan suara yang indah,” tuturnya.

Yonathan dari Gereja Katolik Indonesia menyampaikan bahwa setiap sesuatu bukan hanya memiliki satu sudut pandang, karena suatu kebenaran itu relatif, tergantung dari sisi mana kita melihat dan memandangnya.

selanjutnya sebagai peembicara terakhir, Buya Syakur sapaan akrab KH. Syakur Yasin, MA. menuturkan bahwa dinegara ini yang ada hanya warga negara bukan agama ataupun lainnya, semua warga negara mempunyai hak yang sama.

”yang mendirikan Negara Republik Indonesia adalah semua anak bangsa, dengan bahasa yang berbeda-beda, dengan suku yang berbeda-beda, agama yang berbeda- beda, budaya yang berbeda-beda. sehinga setelah merdeka negara ini milik kita bersama dan harus kita rawat bersama,” tutur Buya Syakur.

Darwinih moderator yang juga sebagai Sektretaris KPI Jawa Barat menyimpulkan bahwa dengan silaturrassa yang diseleggarakan Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Indramayu, diharapakan agar semua sama-sama merasakan apa yang dirasakan oleh seluruh umat manusia,” maka kita harus sama-sama dengan silaturrasa ini berjuang untuk mewujudkan keadilan dan demokrasi, mari kita sama-sama merawat kebhinekaan, karena semua bangsa itu sama dan Indonesia itu beragam, tutup Darwini. (KkP)

Komentar

News Feed