oleh

Pilwu PAW Desa Singajaya Berlangsung Kondusif

-Daerah, Politik-833 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Rapat Musyawarah Desa Singajaya berelangsung pada Rabu tanggal 11 Maret 2020 pukul 08.30 Wib sd. 11.00 Wib., Pemilihan Kuwu Pergantian Antar Waktu Desa Singajaya Kecamatan Indramayu terpantau berjalan kondusif, tertib, lancar dan damai.

Acara dibuka secara resmi dalam Rapat Pembukaan Pelaksanaan Pilwu PAW oleh Ketua BPD Desa Singajaya Ahmad Khotibul Umam, MH. yang kemudian secara teknis dilaksanakan oleh Panitia, dalam sambutannya mantan Ketua KPU Kabupaten Indramayu ini mengatakan bahwa penyelenggaraan Pemilihan Kuwu PAW ini berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku, yang pertama UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Bupati No. 25 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaran Pemilihan Kuwu, Peraturan Bupati Nomor 29.2 Tentang Musyawarah Desa Pemilihan Kuwu Antar Waktu, Peraturan Bupati Nomor 48.1.1 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Indramayu Nomor 29.2 Tentang Pelaksanaan Musyawarah Desa Pemilihan Kuwu Antar Waktu dan Peraturan Desa Nomor 02 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Cara Musyawarah Desa serta dilengkapi dengan Aturan Teknis atau Tata Tertib yang dibuat Panitia dan Berita Acara dari setiap tahapan.

Dalam Pasal 7 point 3 Perdes Nomor 02 Tahun 2019 disebutkan yang pada pokoknya mengatur apabila calon kuwu antar waktu sudah memenuhi jumlah maksimum yaitu sebanyak tiga orang calon maka langkah selanjutnya akan dilaksanakan Pemungutan suara, dan berpesan siapapun dari ketiga calon Pilwu PAW ini yang nanti terpilih adalah sosok yang terbaik untuk memimpin Desa Singajaya melanjutkan sisa jabatan kuwu sebelumnya sampai tahun 2024, pungkasnya.

Sementara itu Ketua panitia Maftuhin, S.Th.I menjelaskan bahwa sebanyak tiga orang Calon yang mengikuti kontestasi pada Pilwu PAW ini yaitu, Nomor Urut 1 Sahlan, Nomor Urut 2 H. Muasir, S.Ag., dan Nomor Urut 3 Habib Burrohman, SH., MH., sebelumnya kami sudah melakukan tahapan penetapan pemilih dengan melakukan Musdus di masing-masing Blok, sebanyak 5 Blok yang kami tetapkan Blok I meliputi RW 01, Blok II meliputi RW 02, Blok III meliputi RW 03, Blok IV meliputi RW 04 dan 05 dan Blok V meliputi RW. 06, dalam rapat Musdus masing-masing terdiri dari 6 Unsur meliputi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Perwakilan Kelompok Tani, Perwakilan Kelompok Perempuan dan Perwakilan Kelompok Masyarakat Miskin, masing-masing Unsur di setiap Blok dipilih 3 orang, sehingga dalam satu blok terpilih sebanyak 18 Pemilih kecuali Blok IV warga Bumi Patra hanya terpilih 12 Pemilih karena tidak terdapat Unsur Perwakilan Kelompok Masyarakat Miskin dan Unsur Perwakilan Kelompok Tani, serta ada tambahan 1 Pemilih dari RW 03 yang diambil dari penduduk yang paling banyak karena sesuai aturan jika jumlah pemilih berjumlah genap maka harus ditambah satu yang diambil dari penduduk yang paling banyak jumlahnya, sehingga Jumlah total Pemilih berdasarkan rapat yang dilakukan oleh masing-masing Unsur yang tersebar diseluruh Blok berjumlah 85 Pemilih, dan itu semua sudah diatur dalam Peraturan, terkait Unsur lain yang tidak dimasukan hal itu disesuaikan dengan kondisi riil warga masyarakat desa Singajaya. Tuturnya.

Acara Pemungutan suara ditutup pada pukul 10.30 Wib dengan persetujuan terlebih dahulu oleh semua calon, dan semua Calon dipersilahkan untuk meninggalkan Tempat Pemungutan Suara atau Rapat Musywarah Desa dan dilanjutkan dengan Penghitungan suara, sesuai dengan Berita Acara yang ditandatangani oleh semua saksi dari saksi nomor urut 1, nomor urut 2 dan nomor urut 3 perolehan suara masing-masing calon ditetapkan, Nomor Urut 1 memperoleh 5 suara, Nomor urut 2 memperoleh 2 suara, dan Nomor urut 3 memperoleh 73 suara, blanko sebanyak 4 suara, jumlah total Pemilih seluruhnya 85 pemilih, tidak hadir 1 pemilih, sehingga jumlah suara sah seluruhnya 80 suara, jumlah surat suara yang digunakan sebanyak 84 surat suara, dapat dipastikan bahwa pemenangnya adalah nomor urut 3 Habib Burrohman, SH MH., karena menggunguli perolehan suara calon lainnya dengan perolehan 73 suara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Muspika, (Camat Indramayu Drs. Asep Kusdianti, M.Si, Kapolsek Indramayu AKP Karyaman, Danramil Indramayu Kapten Arh Basori), perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu dan satuan pengamanan dari Polres Indramayu, Camat Indramayu Drs. Asep Kusdianti, M.Si menyampaikan secara tegas setelah selesai semua tahapan Pilwu PAW mengucapkan terimkasih kepada semua pihak terutama kepada Panitia, BPD dan Pemerintah Desa Singajaya yang sudah berusaha melaksanakan semua Tahapan dengan transparan, tertib, jujur dan adil, kami menilai kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar, terbukti semua tahapan semua calon dan saksi bersedia dan menerima kemenangan dan kekalahan dengan menandatangi semua Berita Acara yang disiapkan Panitia, kesuksesan ini adalah kesuksesan bersama, semoga dapat membawa perubahan Desa Singajaya kedepan yang lebih maju dan dapat mensejahterakan rakyatnya, dan kuwu yang terpilih diharapkan dapat bekerja dengan penuh tanggungjawab dan amanah sesuai dengan tanggungjawwab yang dibebankan, dan dapat merangkul semua pihak terutama calon kuwu yang kalah, wajar dalam demokrasi dan hal yang biasa dalam demokrasi ada yang kalah ada yang menang, demokrasi hanyalah proses mari kita akhiri semua ketegangan ini dengan berjabat tangan, junjung sportifitas jaga kebersamaan dengan mengedepankan nilai-nilai persaudaraan, himbaunya.

Di tempat terpisah Zaenal Arifin selaku Pj Kuwu Desa Singajaya memaparkan setelah berakhirnya tahapan Pilwu PAW ini maka tahapan selanjutnya BPD menunggu laporan secara resmi dari panitia, kemudian paling lambat 7 hari BPD menyerahkan kepada Bupati melalui DPMD untuk diusulkan agar dilakukan proses pelantikan Kuwu terpilih. Kami berharap mudah-mudahan semua calon dapat menerima hasil Rapat Musyawarah Desa ini dengan lapang dada karena semuanya sudah dilakukan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. (KkP)

Komentar

News Feed