Herman Khaeron Dengar Pendapat Masyarakat: Milenial Inginkan UMKM Lokal Naik Kelas

  • Bagikan
Herman Khaeron Dengar Pendapat Masyarakat: Milenial Inginkan UMKM Lokal Naik Kelas (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dr. Ir. H. E. Herman Khaeron, M.Si, atau yang akrab disapa Kang Hero, mengadakan dengar pendapat bersama elemen masyarakat khususnya kaum muda milenial, di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Sabtu 28 November 2020.

Dalam acara yang diselenggarakan di aula Islamic Center Indramayu, kalangan milenial Indramayu yang tergabung dalam Persatuan Wirausaha Milenial (Perwira Milenial) mendorong agar UMKM lokal di kabupaten Indramayu naik kelas.

“Kami menargetkan pengembangan 1.000 UMKM yang berdaya saing di
Kabupaten Indramayu, yang dirintis dengan melakukan sejumlah pelatihan kewirausahaan bagi para anggota,” kata Ahmad Dasuki, inisiator Perwira Milenial Kabupaten Indramayu.

“Kami bersama para milenial pelaku UMKM dari tiap kecamatan se-Kabupaten Indramayu hadir di sini. Dengan tujuan, memastikan program-program kami kedepan berjalan dengan baik, dan memiliki target. Kebetulan, Kang Hero juga Ketua Dewan Penasehat di Perwira Milenial,” papar Ahmad Dasuki.

Para wirausaha milenial menginginkan, program ke depan tidak hanya terbatas pada pelatihan dan pembinaan, tapi juga melakukan pengembangan hingga pada
proses pemasaran produk-produk UMKM, secara offline maupun online (digital).

“Targetnya, UMKM Indramayu harus naik kelas, tidak saja ke tingkat nasional tapi juga ke tingkat global,” tambah Ahmad Dasuki.

Terkait proses Pemilihan Kepala Daerah yang sedang berlangsung di Kabupaten Indramayu, kelompok milenial mendorong pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sedang bertarung, menunjukkan komitmen yang jelas terhadap
kewirausahaan, khususnya bagi kalangan milenial.

“Kami menghargai paslon yang mau membuat Pakta Integritas dengan kelompok milenial,” tandasnya.

Sejauh ini, baru Paslon Nomor Urut 1 Solihin-Ratnawati yang berani membuat Pakta Integritas dengan kelompok wirausaha milenial, dengan poin-poin sebagai berikut: (1) Akan mempermudah segala proses perijinan terkait UMKM; (2) Membuat kebijakan anggaran yang mendorong pengembangan industri kreatif, khususnya bagi kalangan milenial; (3) Mengembangkan infrastruktur digital untuk mendukung kreatifitas milenial.

Baca juga: Rakerda PERWIRA Milenial: Tekad Bulat, UMKM Lokal Harus Naik Kelas

Dalam kesempatan tersebut, Kang Hero juga memberikan motivasi kepada
milenial Indramayu untuk tetap optimis menjalankan kewirausahaan.
Bagaimanapun, UMKM lokal merupakan wujud dari kedaulatan perekonomian daerah.

Pihaknya, sebagai anggota Komisi VI DPR-RI yang juga bersentuhan dengan
koperasi dan UMKM berkomitmen untuk terus membantu serta memfasilitasi perkembangan dan kemajuan para wirausaha milenial. Terutama, dengan mendorong kebijakan pemerintah daerah yang harus mendukung kreativitas anak-anak muda di bidang wirausaha.

Sementara itu, Perwira Milenial sudah melakukan sejumlah pelatihan kewirausahaan, mulai tentang produksi, pengemasan, branding, hingga marketing digital. Pelatihan yang dilakukan Perwira Milenial mencakup berbagai bidang usaha kecil, seperti pertanian, perdagangan, percetakan, konveksi, dan lain-lain. Hampir semuanya berjalan dengan antusiame yang tinggi dari para peserta. (Candra)

  • Bagikan

Comment