Pertamina Catat Peningkatan Konsumsi Perta Series di 5 Kabupaten dan Kota Jawa Barat

  • Bagikan
Pertamina Catat Peningkatan Konsumsi Perta Series di 5 Kabupaten dan Kota Jawa Barat (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Bekasi-PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat mencatat peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Perta Series (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo) di lima kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat pada Senin (11/1), setelah Program Langit Biru (PLB) berjalan sekitar lebih dari dua bulan sejak 12 November 2020 lalu.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, mengatakan pihaknya mencatat peningkatan konsumsi BBM dengan angka oktan tinggi di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Hal ini menunjukkan kepedulian masyarakat Jawa Barat akan hadirnya kualitas udara yang lebih bersih.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat di Jawa Barat yang sudah tergerak untuk menerapkan penggunaan energi yang lebih bersih, guna meningkatkan kualitas udara dan lingkungan,” ujarnya.

Peningkatan konsumsi Perta Series terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur. Tercatat konsumsi Pertalite (RON 90) meningkat sekitar 26% dibandingkan rata-rata konsumsi normal harian yaitu lebih dari 250 KL (Kiloliter). Sedangkan konsumsi Pertamax (RON 92) turut mengalami peningkatan lebih dari 20% dibandingkan rata-rata konsumsi normal harian yaitu lebih dari 40 KL. Untuk konsumsi Pertamax Turbo (RON 98) juga meningkat cukup signifikan hingga lebih dari 60%, dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal yaitu sekitar 2 KL.

Pertamina turut mencatat peningkatan konsumsi Perta Series di wilayah Kota Bekasi, dimana konsumsi Pertamax tercatat meningkat sekitar 20% dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal yaitu lebih dari 120 KL. Sedangkan konsumsi Pertamax Turbo, turut mengalami peningkatan lebih dari 100% dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal yaitu hampir 5 KL.

Untuk wilayah Kabupaten Bekasi, Pertamina mencatat peningkatan konsumsi Pertalite sebesar 19% dibandingkan rata-rata konsumsi normal harian sekitar lebih dari 500 KL. Sedangkan di wilayah Kabupaten Bogor, konsumsi Pertalite turut mengalami peningkatan sekitar 1% dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal yaitu sekitar 1.000 KL.

Selain peningkatan konsumsi Perta Series, Eko menjelaskan pihaknya turut mencatat tren penurunan konsumsi harian BBM jenis Premium (RON 88) yang cukup signifikan di wilayah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi pada (11/1), dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal Premium pada periode sebelum dimulainya PLB.

Konsumsi Premium di Kota Bekasi turun 51% atau sekitar 80 KL, dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal yakni lebih dari 150 KL. Sedangkan di wilayah Kabupaten Bekasi, Premium mengalami penurunan hingga 71% atau sekitar 140 KL, dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal sekitar 200 KL. Tren yang sama terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, dimana penurunan tercatat hingga 79% atau sekitar 260 KL, dari rata-rata konsumsi harian normal yaitu lebih dari 320 KL. Serta di Kabupaten Sukabumi, dimana konsumsi Premium turun cukup signifikan hingga 81% atau sekitar 45 KL, dari rata-rata konsumsi harian normal yaitu lebih dari 50 KL.

Pertamina mengapresiasi masyarakat yang sudah beralih menggunakan dan merasakan langsung keunggulan dan kualitas dari BBM dengan angka oktan tinggi, yaitu Perta Series.

“Apresiasi bagi masyarakat yang sudah beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan. Semoga kualitas lingkungan, khususnya udara di wilayah Jawa Barat semakin bersih seiring dengan peningkatan penggunaan BBM yang berkualitas dan rendah emisi,” ujar Eko.

Lebih lanjut Eko mengatakan, sebagai wujud apresiasi Pertamina terhadap upaya dan animo masyarakat yang setia menggunakan BBM dengan angka oktan tinggi yang lebih ramah lingkungan, Pertamina terus menggerakkan program Pertalite Harga Khusus di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

“Sebagai bagian dari rangkaian Program Langit Biru untuk menciptakan lingkungan sehat, Pertamina melanjutkan Program Pertalite Harga Khusus, sehingga konsumen dapat merasakan performa Pertalite dengan harga Rp6.850 per liter, lebih rendah Rp 800 dari harga normal. Terutama karena di wilayah Bekasi, Bogor, Cianjur dan Sukabumi banyak terdapat angkutan umum kota yang melayani masyarakat bermobilisasi,” jelas Eko.

Program Langit Biru sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan, memperoleh dukungan dari masyarakat di Jawa Barat. Dengan semakin bertambahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan penggunaan energi BBM bersih yang rendah emisi, diharapkan pelestarian lingkungan dapat sejalan dengan kembali pulihnya aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Untuk keamanan dan kemudahan transaksi, Pertamina juga memberikan harga lebih hemat untuk pembelian produk bahan bakar berkualitas seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. “Untuk konsumen yang bertransaksi melalui aplikasi MyPertamina, bisa lebih hemat 250 rupiah untuk setiap liternya,” ungkap Eko.

Baca juga:Pertamina Salurkan 9,5 Ton Beras Kepada Kaum Dhuafa Indramayu

Menurutnya, selain lebih mudah, transaksi non tunai juga lebih aman untuk mencegah penularan virus di masa pandemi. “Masyarakat bisa memanfaatkan program promo ini, karena diperpanjang hingga 31 Januari 2021,” tutupnya. (Red)

  • Bagikan

Comment