Pertamina Foundation-Yayasan Spedagi Mandiri Lestari Mewujudkan Desa Mandiri dan Lestari Lewat Pembangunan VCMC Temanggung

  • Bagikan
Pertamina Foundation-Yayasan Spedagi Mandiri Lestari Mewujudkan Desa Mandiri dan Lestari Lewat Pembangunan VCMC Temanggung (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Jakarta-Dalam upaya mewujudkan visi desa maju sejahtera, mandiri, dan lestari, Pertamina Foundation melalui program PFBangkit berkolaborasi dengan Yayasan Spedagi Mandiri Lestari membangun Village Creative Movement Center (VCMC) di Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Dengan konsep “Kembali ke Desa,” VCMC akan dijadikan sebagai pusat riset, pengembangan dan edukasi desa.

Dalam area VCMC akan dibangun tiga ekosistem fisik, yaitu kantor VCMC sebagai pusat data, informasi, administrasi pada lantai atas dan lantai bawah yang memiliki desain terbuka sebagai coworking space. Omah Tani yang telah ada sebelumnya, direnovasi agar siap memfasilitasi program residensi. Terakhir adalah pembangunan area publik hijau serbaguna yang terhubung dengan area pertanian.

Peletakan batu pertama pembangunan VCMC dilaksanakan oleh Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, Direktur Yayasan Spedagi Mandiri Lestari Singgih Susilo Kartono, dan disaksikan langsung oleh perwakilan Kecamatan Kandangan, Muhammad Farhan, Camat Jumo Tri Hestiningsih, dan tamu khusus, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang hadir untuk mengetahui lebih banyak tentang VCMC.

Agus menjelaskan bahwa pengembangan desa mampu menjadi pemecah masalah di tengah pandemi Covid-19.

“Gerakan kembali ke desa dengan mengoptimalkan potensi desa menjadi salah satu pemecah masalah di tengah pandemi. Disinilah Spedagi muncul sebagai solusi dengan visinya menjadikan desa maju sejahtera mandiri dan lestari. Berkolaborasi dengan Pertamina Foundation, kami melakukan proses pemetaan desa, pengembangan kapasitas dan strategi untuk memajukan desa, sampai pada proses pendampingan masyarakatnya,” ujar Agus, Kamis (11/2/2021).

Yayasan Spedagi Mandiri Lestari dengan Spedagi Movement merupakan yayasan yang bergerak di bidang Revitalisasi Desa dengan tujuan memicu anak muda untuk berkreasi di desa dan memperbanyak desa mandiri-lestari di Indonesia. Spedagi berasal dari kata ‘sepeda pagi’ yang digagas oleh Singgih S. Kartono, yang kemudian menjadi Pusat Gerakan Kreatif Desa dengan menghasilkan beberapa karya, antara lain sepeda bambu Spedagi, radio kayu Magno, dan pasar Papringan yang telah menginspirasi anak-anak muda tentang pilihan baru membangun masa depan.

Singgih mengapresiasi dukungan Pertamina Foundation terhadap pembangunan VCMC Temanggung.

“Terima kasih Pertamina Foundation yang telah mendukung Gerakan Revitalisasi Desa dengan pendekatan kreatif-mandiri-lestari yang digerakan oleh Spedagi lewat pembangunan VCMC Temanggung. Semoga kerjasama ini memberikan manfaat bagi pengembangan desa dan masyarakat” ungkap Singgih.

Pembangunan VCMC mendapat dana bantuan dari CSR PT Pertamina (Persero) yang diserahkan melalui Pertamina Foundation kepada Yayasan Spedagi Mandiri Lestari.

Baca juga:Pertamina Foundation dan BenihBaik.com Berdayakan Desa Lewat Program Satu Keluarga Satu Pohon Durian

“Pembangunan VCMC ini tidak terlepas dari peran CSR Pertamina, Spedagi, jajaran pemerintah lokal yang bersemangat untuk terlibat. Semoga VCMC mampu mendorong anak muda kreatif untuk berkumpul di sini sehingga konsep “Kembali ke Desa” mampu dikembangkan dan diwujudkan sekaligus bisa menjadi pembuktian bahwa tinggal di desa lebih menyenangkan dibandingkan di kota,” tutup Agus. (Red)

  • Bagikan

Comment