Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional, Pertamina Foundation Bersama Sobat Bumi Indonesia Gelar Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga

  • Bagikan
Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional, Pertamina Foundation Bersama Sobat Bumi Indonesia Gelar Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan melalui Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Aksi Sobat Bumi Jilid Satu dan Aksi Sobat Bumi Jilid Dua yang telah sukses diselenggarakan sejak tahun 2020. Rangkaian Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga ini dilaksanakan secara serentak di 24 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua Sobat Bumi Indonesia Raihan Nurrasyid, mengatakan aksi ini bertujuan untuk membangun karakter peduli lingkungan dan kepekaan sosial kemasyarakatan penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Melalui SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah (Foto. Red)

“Ada tiga jenis kegiatan dalam aksi ini, yaitu SOBI Hijaukan Negeri, SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, dan SOBI Peduli Negeri. Ketiganya merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian bumi dan masyarakat terdampak bencana dan pandemi COVID-19 yang membutuhkan uluran tangan,” ungkap Raihan, Minggu (21/2/2021).

Terdapat sebelas universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang melaksanakan kegiatan dengan tema SOBI Hijaukan Negeri. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pembagian bibit tanaman, sosialisasi pelatihan tanam buah dan sayur, penanaman mangrove, pemanfaatan ecobrick sebagai media budidaya ikan lele, pemanfaatan hidroponik kangkung serta kegiatan penghijauan lingkungan lainnya.

Selanjutnya, melalui SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melakukan kegiatan yang tidak hanya memungut sampah, tetapi juga mengedukasi pemilahan sampah dan pemanfaatan sampah kepada masyarakat. Terdapat delapan universitas yang tersebar di Pulau Sumatera dan Papua yang merencanakan kegiatan dengan tema bebaskan sampah. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi sosialisasi menjaga lingkungan bersih dan sehat, operasi sampah di jalan raya, pembersihan pinggiran pantai, penempatan tong sampah di area-area ramai, pemilahan dan pemanfaatan limbah serta penanaman microgreen dan pembuatan eco-enzyme.

Dalam lingkup sosial, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melaksanakan SOBI Peduli Negeri. Aksi ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Terdapat empat universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan yang beraksi dengan tema SOBI Peduli Negeri. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pembagian sembako dan masker kepada warga dan panti asuhan, menyelenggarakan kegiatan pondok-pondok edukasi serta mendirikan pojok baca Jejak untuk anak-anak maupun orang tua.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, berharap aksi ini dilakukan tidak hanya untuk meringankan beban masyarakat, melainkan dapat berkelanjutan serta dapat dijadikan contoh yang baik untuk mengembangkan jiwa kepedulian sosial anak-anak muda Indonesia.

“Pandemi COVID-19 dan bencana alam beruntun yang terjadi di Indonesia baru-baru ini memberikan dampak terhadap lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat Indonesia. Saya harap Aksi Sobat Bumi dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana serta dapat mengedukasi masyarakat dalam mitigasi bencana. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh buat gen-Z dan millenials agar mereka dapat lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar Agus.

Agus juga menyampaikan bahwa dalam aksi ini, protokol kesehatan terus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus.

“Saya sudah berpesan kepada para penerima beasiswa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan demi kesehatan mereka dan juga masyarakat sebagai penerima,” tambah Agus.

Baca juga:Pertamina Foundation dan BenihBaik.com Berdayakan Desa Lewat Program Satu Keluarga Satu Pohon Durian

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga mendapat dana bantuan dari CSR PT Pertamina (Persero) yang diserahkan melalui Pertamina Foundation kepada para penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi. (Red)

  • Bagikan

Comment