YAPENAS Adakan Kursus Pembina Pramuka Berskala Nasional

  • Bagikan
YAPENAS Adakan Kursus Pembina Pramuka Berskala Nasional (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Banyuwangi-Guna tingkatkan kemahiran Pembina Pramuka YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 mengelar kursus Pelatihan secara daring yang berlangsung dari tanggal 14 – 19 Maret 2021. Dalam kegiatan ini diikuti oleh peserta internal YAPENAS sejumlah 58 orang dan juga peserta dari luar kota sejumlah 79 orang. Bertempat di Aula “Soekarno” SMK 17 AGUSTUS 1945 MUNCAR.

Nampak hadir Pembina dari Gerakan Pramuka, Ketua Umum, Kamabigus, Mabigus YAPENAS, Korwil III Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Macan Putih Kwartir cabang Banyuwangi, Pinsus dan para pelatih serat undangan kehormatan lainya.

Dalam acara pembukaan secara simbolis diadakan penyerahan bendera dan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta bertanda bahwa kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka Gugus Depan .

Acara dibuka oleh Ketua Umum YAPENAS 17 AGUSTUS 1945 Banyuwangi Misnadi, SH., MH. dimana dalam sambutannya mengatakan hendaknya semua peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir tanpa terputus sehingga materi kursus dapat diserap dengan baik.

“Ke depannya Pramuka dilingkungan YAPENAS harus menjadi barometer bagi Pramuka di wilayah kabupaten Banyuwangi, Jadilah Pramuka yang bermanfaat, tentunya hal itu harus dibarengi dengan perilaku akhlak dan prestasi  yang baik, jadi secara keseluruhan Pramuka itu adalah orang-orang yang bergembira dan fokus pada tujuannya,” ujar Misnadi penuh semangat.

Lebih lanjut Misnadi mengatakan, gerakan pramuka merupakan pendidikan wajib di sekolah, yang dijadikan media untuk membina diri, membina satuan dan membina masyarakat. Gerakan pramuka telah mampu membuktikan perannya dalam membangun karakter generasi muda sesuai visinya ” generasi muda harus mimiliki mentalitas yang tangguh untuk menghadapi tantangan dimasa depan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Misnadi mengajak seluruh peserta KMD yang sehari-hari nya adalah guru, yang selalu berdiri dihadapan anak-anak kita, menjadi contoh dan panutan generasi muda. Perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.” ikutilah kursus ini dengan baik, disiplin dan penuh semangat.

Kusno Abiwibowo, S.Pd. selaku KAPUSDIKLATCAB. MACAN PUTIH mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan berterimakasih kepada Lembaga Pendidikan Yapenas yang telah mewajibkan semua guru untuk mengikuti Kursus Mahir Tingkat dasar ini.

Lebih Jauh Supandri, S.Pd. selaku Pinsus menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan selaku pinsus dan akan menjalankan program kursus ini secara baik dan diharapkan dari peserta kursus akan memperoleh manfaat dengan semakin menjunjung tinggi kebersamaan, kepedulian, rasa saling menghargai dan mengormati sekaligus mampu nantinya memberikan bekal kepada anak didiknya untuk lebih meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Dalam kegiatan kursus ini para peserta akan dibekali dengan keterampilan Kepramukaan Siaga, Kepenggalangan, Keterampilan Kepramukaan Penggalang, Keterampilan Kepramukaan Penegak, Adm. Gudep, Struktur Organisasi Gudep dan Nasional, Praktek Kegiatan Scouting Skill dan Out door Activity.

Baca juga:Peringati Hari Nelayan, 400 Relawan Indramayu Bersihkan Pantai Glayem

harapannya semoga acara ini bisa membawa kebaikan bagi kemajuan di Lingkungan YAPENAS secara keseluruhan. (Taufik)

  • Bagikan

Comment