oleh

Pertamina dan Hiswana Migas Adakan Pelatihan Juru Takar bagi Operator SPBU

Tanganrakyat.id, Jakarta-PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Wilayah Purwakarta-Karawang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melakukan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan para pengawas SPBU dalam menjamin kualitas dan kuantitas layanan ke konsumen SPBU melalui Pelatihan Juru Takar di Kabupaten Purwakata (28/4).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka Pelatihan Pembentukan Juru Takar untuk seluruh pengawas SPBU secara online bersama Dinas Metrologi. Turut hadir dalam acara pelatihan ini Direktur Metrologi PKTN Kemendag Rusmin Amin, dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian Kemendag Sri Astuti. Pelatihan ini mendapatkan atensi positif dari pemilik SPBU wilayah Purwakarta dan merupakan titik awal implementasi secara nasional.

Dalam sambutannya, Anne Ratna Mustika menyampaikan apresiasi kepada Pertamina dan Hiswana Migas DPC Karawang atas pelaksanaan kegiatan ini. Saat ini pemerintah kabupaten telah memiliki suatu sistem pemberian pelayanan tera dan tera ulang secara gratis untuk para pengusaha yang dilakukan oleh para relawan dengan nama program Ceu Ati (cek ukuran akurasi timbangan), dimana program ini menerapkan pemahanan metrologi secara masif di masyarakat dengan adanya peran relawan. “Program itu dilakukan dengan jemput bola, yaitu petugas mendatangi warga untuk menjelaskan konsep Ceu Ati,” imbuh Ratna.

Pelatihan ini dimaksud untuk memberikan pembekalan para petugas SPBU sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca hasil pengukuran atau takaran. Keberadaan juru takar akan sangat membantu dalam memantau kondisi alat ukur yang digunakan dalam transaksi BBM. Juru Takar yang dibentuk di SPBU merupakan langkah awal dalam membangun tertib ukur yang dibangun atas semangat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi BBM di SPBU.

Sales Area Manager Karawang Teuku Desky Arifin mengucapkan terimakasih atas inisiasi Bupati dalam mendukungan program pelatihan juru takar perdana di SPBU ini. Diharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

“Selanjutnya kegiatan ini semakin menjamin dan meyakinkan konsumen kami, khususnya di SPBU, bahwa penjualan produk kami telah sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Serta juga senantiasa melakukan koordinasi yang baik dengan petugas tera dari dinas terkait dilapangan”, ujar Desky.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan para pengawas SPBU dalam menjamin kualitas dan kuantitas layanan ke konsumen di SPBU.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan wujud komitmen perusahan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Petugas yang telah mengikuti pelatihan Juru Takar dari Dinas Metrologi ini diharapkan dapat memantau implementasi takaran BBM yang sesuai dengan ketentuan”, ujar Eko.

Baca juga:Begini Kesiapan Pertamina Amankan Pasokan Energi di Bulan Suci Ramadhan

Pada kesempatan yang sama, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap masyarakat ditengah pandemi dan momen bulan Ramadan yang penuh berkah, Bupati Purwakarta didampingi Sales Area Manager Karawang Teuku Desky Arifin dan Ketua Hiswana Migas DPC Purwakarta-Karawang Arry Syafrudin
memberikan bingkisan sembako sebanyak 200 paket kepada warga yang membutuhkan di Kecamatan Bungursari Purwakarta. (Red)

Komentar

News Feed