Pertamina Fasilitasi Pelatihan Dan Sertifikasi Scaffolding Pemuda  Balongan

  • Bagikan
Pertamina Fasilitasi Pelatihan Dan Sertifikasi Scaffolding Pemuda  Balongan (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Balongan-Persaingan dunia kerja tidak hanya membuat setiap individu perlu memiliki pendidikan yang tinggi, namun beragam keahlian juga harus dimiliki agar bisa memperoleh pekerjaan dan survive ditengah perkembangan jaman.

Untuk itulah Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi scaffolding inspektor kepada 14 pemuda desa dari Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Safety Indramayu (Foksi).

Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Cecep Supriyatna mengatakan, pelatihan scaffolding ini bertujuan meningkatkan keahlian para pemuda di sekitar Kilang Balongan agar memiliki skill yang siap digunakan dan dibutuhkan di dunia kerja khususnya pada bidang pekerjaan konstruksi.

“Peluang kerja inspektor scaffolding ini sangat besar, hampir di setiap daerah ada pembangunan dan pasti menggunakan scaffolding sebagai perancahnya, semoga dengan pelatihan ini nantinya mereka bisa mendapatkan sertifikat dan terserap di dunia kerja, bukan hanya di Balongan namun diseluruh wilayah Indonesia”, ujar Cecep saat meninjau praktek membuat scaffolding.

Cecep menjabarkan, pada masa pandemi ini teori dilakukan secara daring pada 30 November – 2 Desember 2020 dengan pemateri dari Kementerian Ketenagakerjaan, sedangkan praktek dilakukan tatap muka pada 3 – 4 Desember 2020 dengan instruktur dari PT Alkon Trainindo Utama.

Suleman, salah satu peserta pelatihan mengaku senang bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang difasilitasi Pertamina RU VI Balongan. Menurutnya, ini merupakan kesempatan baik baginya untuk meningkatkan bekal keahilan yang bisa dimanfaatkan di dunia kerja.

“Terima kasih untuk RU VI yang telah memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi scaffolding ini. Lumayan membuat ringan kami karena ada system sharing cost yang diberikan Pertamina RU VI”, ujar Suleman.

Baca juga:Pertamina Peduli COVID-19 Distribusikan Sembako Untuk  Warga Terpapar  Di Indramayu

Selama 5 hari kegiatan, peserta diberikan pemahaman tentang undang-undang ketenagakerjaan, aspek safety selama bekerja, cara penggunaan body harness, jenis material scaffolding, hingga merakit scaffolding yang benar. (Red)

  • Bagikan

Comment