oleh

KPH Lakukan Kerjasama Dengan LMDH Guna Pemanfaatan Lahan

Tanganrakyat.id, Indramayu-Untuk pemanfaatan lahan-lahan yang ada dikawasan hutan perhutani, KPH (Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Agroforestry dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang berada di wilayah kerja KPH Indramayu, Rabu (03/02). Bertempat di Kantor KPH Indramayu.

Penandatanganan perjanjian dilaksanakan dengan kesepakatan kerjasama di lahan seluas 9.297 hektar dari 27 LMDH dengan jumlah anggota 9078 orang, berupa tanaman tumpangsari jenis komoditi padi , garam dan bandeng.

Dalam penandatangannya kerjasama disaksikan oleh Administratur KPH Indramayu, Asep Saepudin didampingi Waka Admistratur Ridwan Nur Anwar, Kasi keuangan SDM & Umum Maman Surachman, Tim Pengembangan usaha, segenap Asisten Perhutani beserta segenap Ketua LMDH.

Administratur KPH Indramayu Asep Saepudin menyampaikan bahwa dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada semua pihak dan terus bersinergi saling menjalin komunikasi yang baik, sehingga apa yang sama-sama kita harapkan bisa tercapai dalam meningkatkan penghasilan dan menjaga hutan tetap lestari.

Dalam hal ini Perhutani sangat mengakomodir kepada masyarakat melalui LMDH atas usaha-usaha yang dilakukan dalam memanfaatkan lahan di kawasan hutan, tujuannya Perhutani ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan perhatian dari hasil usaha dikawasan hutan, yang selanjutnya ada pemanfaatan lain, misalnya untuk usaha tanaman-tanaman herbal yang sekarang oleh Perhutani akan terus dikembangkan, yang tentunya kedepan akan tetap melibatkan masayarakat desa sekitar hutan dalam pengembangannya,’’katanya.

Dan yang perlu diketahui dalam kegiatan usaha agroforestry ini, saya berharap apa yang sudah diamanahkan oleh perhutani kepada masyarakat penggarap untuk tidak di alihkan kepada pihak lain, karena disinyalir dilapangan ada oknum-oknum yang sengaja memperjual belikan lahan garapan tersebut, padahal tujuan perhutani ingin membantu memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat, sehingga dampaknya banyak penggarap dari luar desa hutan bahkan luar daerah Indramayu, yang kalau terus-menerus nantinya masyarakat penggarap sekitar desa hutan akan tersisihkan dan sulit untuk melakukan usaha didalam kawasan hutan ,’’ungkapnya.

Sementara itu Ketua (LMDH Wana Bhakti Lestari) Karwita mewakili LMDH lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani KPH Indramayu yang telah memberikan kepercayaan kepada segenap LMDH yang ada di Indramayu. “Tentunya dengan adanya kerjasama agroforestry ini, semoga bisa meningkatkan penghasilan Perhutani juga LMDH dan masyarakat. (Editor: Yul)

Komentar

News Feed