CSR RU VI Balongan Raih Penghargaan  Indonesia  Green Awards 2021

  • Bagikan
CSR RU VI Balongan Raih Penghargaan  Indonesia  Green Awards 2021 (Foto. Istimewa)

Tanganrakyat.id, Balongan Indramayu-Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Refinery Unit VI Balongan Kembali meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2021 untuk kategori mengembangkan Keanekaragaman Hayati (Program Pengembangan Taman Kehati & Mangoes Center), dan Kategori mengembangkan pengolahan sampah terpadu (program Wiralodra).

Berbeda dengan penganugerahan pada tahun sebelumnya, di tengah pandemic Covid-19 ini, pengumuman dan penyerahan penghargaan secara offline dilaksanakan dengan undangan terbatas pada Rabu (7/4), yang berpusat di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, sementara peserta yang tidak hadir menyaksikannya melalui aplikasi online.

Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengungkapkan, Pertamina berkomitmen untuk terus menggandeng masyarakat sekitar kilang Balongan melalui program-program pemberdayaan agar bisa meningkatkan potensi yang dimiliki masyarakat sehingga selain bisa bermanfaat untuk kelestarian lingkungan, namun juga sebagai penambah penghasilan warga.

“Ditengah kondisi RU VI yang masih belum maksimal akibat kejadian di Tanki Kilang Balongan, kami juga terus menjalankan program CSR yang telah terprogram agar tidak berhenti di tengah jalan”, ungkap Cecep.

Cecep menerangkan, Program Mangoes Center yang digagas CSR Pertamina RU VI Balongan ini dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yakni di Kelurahan Karanganyar dan Desa Rawadalem. “Melalui program ini, RU VI memberdayakan kelompok masyarakat dalam budidaya mangga Agrimania yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” Terangnya.

Sementara itu, Melalui Program Wiralodra, RU VI mengajak masyarakat untuk sadar akan kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sampah organik dan anorganik. Dimana sampah organik diolah menjadi kompos dan sebagai pakan larva maggot, sedangkan sampah Anorganiknya ada yang dimanfaatkan melalui bank sampah, dan sebagian dibuat menjadi ecobrick.

Baca juga:Kilang Pertamina RU VI  Balongan Beroperasi Normal

Cecep berharap, penghargaan ini bisa memacu RU VI untuk berbuat yang lebih baik lagi terutama kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Kilang Pertamina RU VI Balongan. (Red)

  • Bagikan

Comment