oleh

Dewan Pers Bersama BNSP Sinergi UKW

Tanganrakyat.id, Jakarta-Dewan Pers bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sepakat untuk bersinergi dalam sistem Pelatihan dan Uji Kompetensi Wartawan.

Kunjung Masehat Ketua BNSP dihadapan awak media mengatakan Sinergitas ini dilakukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang Pers.

“Intinya kita tidak bergerak masing-masing kita samakan persepsi, hari ini kita bersama Ketua Dewan Pers Bapak Prof. Muhammad Nuh mencari solusi terbaik guna mendirikan Kompetensi SDM khususnya di bidang Pers,” ujar Kunjung, Senen (26/4) di Kantor BNSP.

Sedangkan Ketua Dewan Pers Prof. Muhammad Nuh menjelaskan untuk BNSP bertugas meningkatkan Kompetensi seluruh profesi Indonesia, sementara Dewan Pers bertugas meningkatkan Profesi dan Profesionalisme Jurnalis.

“Kita masing-masing punya common sense bersama-sama kedepan kita kembangkan sistim Pelatihan UKW, dan tentu semua dilindungi peraturan juga Undang-Undang yang ada, ” tegas Muhammad Nuh.

Lanjut Nuh sekarang ini banyak jurnalis pendatang baru dan belum sertifikasi, hingga perkembangan jurnalistik mengharuskan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dilakukan secara berkelanjutan karena perkembangan ilmu juga terus berkembang dari masa ke masa.

Baca juga:Kepala BNSP Membantah Larang Dewan Pers Laksanakan UKW

Dewan Pers pun menegaskan, sekarang ini lembaga Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  yang sudah ada tetap harus berjalan, karena hadirnya lembaga tersebut sebelum BNSP terbentuk, tentunya akan disesuaikan dengan kondisi ilmu kewartawanan yang terus berkembang, pungkasnya. (Kang Supardi)

Komentar

News Feed