Peran Psikolog Forensik Mendampingi Saksi Mata Dalam Dunia Hukum

  • Bagikan
Akira Paquismi Berlian Mahasiswi UPI Jurusan Psikologi Semester VI (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Bandung-Apa itu psikolog forensik? Menurut kode etik himpsi, (2010) Psikologi forensik adalah bidang psikologi yang berkaitan dan/atau diaplikasikan dalam bidang hukum, khususnya peradilan pidana. Jadi erat kaitannya dengan dunia hukum. Dalam dunia hukum tentu kita mengenal saksi mata, ya saksi mata ini bisa menjadi kunci untuk mengetahui siapa tersangka pelaku kejahatan, namun saksi juga bisa memberikan keterengan palsu guna menutupi sesuatu. Peran psikolog di sini untuk mendampingi saksi mata adalah untuk menghindari adanya keterengan palsu yang diberikan saksi mata, atau adanya keterbatasan dari saksi mata ketika memberikan kesaksiannya.

Psikolog biasanya cenderung sensitif dan peka terhadap pernyataan yang tidak konsisten yang dituturkan oleh saksi, kemudian psikolog dapat membantu pihak polisi untuk melakukan wawancara kognitif agar saksi dapat menciptakan kembali, dalam pikiran mereka sendiri, lingkungan yang ada ketika kejahatan terjadi. Mereka harus fokus pada bagaimana sesuatu terlihat dan didengar dan dicium, apa yang mereka lakukan, bagaimana perasaan mereka, dan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Hal lain yang dapat dilakukan oleh seorang psikolog forensik adalah mengetahui bagaimana keadaan mental saksi, kondisi fisik nya, serta arah penglihatan untuk melihat apakah saksi berbicara jujur atau tidak, Dengan adanya psikolog forensik dapat membantu pihak kepolisian dalam menyusun prosedur wawancara saksi. Pentingnya peran psikolog forensik dikarenakan polisi kerap kali kurang peka atau sensitive bagaimana keadaan mental seseorang, dan terkadang polisi kurang cermat jika seorang saksi sedang berbohong atau memberikan keterangan palsu.

Yang terakhir polisi terkadang menanyakan hal standar, dalam hal mewawancarai saksi polisi harus peka terhadap hal-hal yang mungkin janggal yang bisa digali lebih. (Red)

Penulis: Akira Paquismi Berlian Mahasiswi UPI Jurusan Psikologi Semester 6

Sumber :
Kode Etik Himpsi 2010
Arrigo, Bruce A. 2003. Introduction to Forensic Psychology: Issues and Controversies in Crime and Justice. Academic Press. California.

  • Bagikan

Comment