Unjukrasa Komite Penegakan Reforma Agraria Indramayu gagal bertemu Bupati Indramayu

  • Bagikan
Unjukrasa Komite Penegakan Reforma Agraria Indramayu gagal bertemu Bupati Indramayu (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Serikat Petani Indonesia (SPI) Indramayu, Serikat Tani Indramayu (STI), dan Komite Nasional Nelayan Nusantara (KONANN) tergabung dalam Komite Penegakan Reforma Agraria Indramayu melakukan unjukrasa mendesak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, agar segera menjalankan dan melaksanakan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), Rabu (8 Juni 2022).

Para pengunjukrasa titik kumpul di Sport Center Indramayu dan melakukan lonchmark ke DPRD dan ke Pendopo Kabupaten Indramayu Jawa Barat dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Syahrul perwakilan dari pengunjukrasa minta Pemkab Indramayu segera realisasikan tuntutan nelayan dengan adanya Surat Keputusan (SK) Nomor 590.05/ Kep. 114/ DPKPP/ 2021, Pemda Indramayu pada tahun lalu telah membentuk GTRA sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) tentang Reforma Agraria.

Nampak aparat keamanan menjaga ketat Pendopo Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Foto : Imam)

” Kami juga mendesak Pemkab dan Aparat Penegak Hukum (APH) Indramayu untuk menertibkan nelayan yang masih marak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, permudah untuk mengurus segala perizinan dokumen nelayan, melakukan pencegahan untuk abrasi, serta normalisasi kali yang berada di Desa Brondong, Kecamatan Pasekan,” jelas Sharul, Rabu (8 Juni 2022)

“Mendesak agar pemerintah menjalankan reforma agraria sejati sesuai UU No. 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Reforma Agraria dan Prpres No. 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria,” tambahnya.

Di Pendopo Indramayu para pengunjukrasa gagal bertemu Bupati Nina Agustina Da’i Bahtiar dan hanya
ditemuin Asisten Daerah (Asda) Maman Kostaman.

“Saya Asda 2 bersama seluruh kepala dinas yang ada di Indramayu mewakili Bupati, mendukung sepenuhnya apa yang menjadi tuntutan bapak dan ibu sekalian secara aturan dan prosedur tentunya. Tadi semua aspirasi telah disampaikan kepada perwakilan KONANN, STI dan SPI,” pungkas Asda. (Imam)

  • Bagikan

Comment