AKBP. M. Fahri Siregar, Msi Kapolres Indramayu :  Kehadiran Media Siber Sebagai Komunikasi Massa

  • Bagikan
Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar, Msi. salahsatu nara sumber dalam Lokakarya yang digelar oleh SMSI Perwakilan Indramayu pada Minggu 12/2/2023. (Foto : Tabroni)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Indramayu menggelar  Lokakarya  yang bertempat disalahsatu Hotel di Jalan Panjaitan Indramayu Jawa Barat pada Minggu, 12 Februari 2023.

Lakokarya yang digelar  SMSI dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dengan mengambil tema “Kebijakan Pemerintah Terhadap Media Siber” hadir dalam lokakarya diantaranya Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu Ady Setiawan sebagai perwakilan dari Bupati Indramayu Nina Agustina, Ketua DPRD Indramayu H. Syaefudin, Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar, Msi. Ketua SMSI Jawa Barat Ahmad Sukri, Kadis Kominfo Kabupaten Indramayu, dan undangan
insan pers dan organisasi masyarakat.

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Indramayu menggelar  Lokakarya  yang bertempat disalahsatu Hotel di Jalan Panjaitan Indramayu (Foto : Red)

Salahsatu narasumber Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar, Msi. mengatakan “saya secara pribadi sebagai Polisi merasa dibesarkan dari teman teman media.

Menurutnya, perkembangan dunia Siber saat ini harus dapat difahami oleh masyarakat Kabupaten Indramayu, dimana era digital perkembangannya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Data Dewan Pers tahun 2018 menyebutkan jumlah media online kisaran 43 ribu. Ini menunjukkan fluktuasi yang tak dapat terbendung. Namun demikian, bagi jajaran Polri saat ini sudah harus mengikuti arus perekembangan zaman dengan meningkatkan kualitas publikasi internal Polri melalui peran humas yang terstruktur,” ujar Kapolres AKBP. M. Fahri Siregar, Msi. Minggu (12/2)

Lanjut Kapolres, maka peran media Siber, kata Fahri, dapat menjadi strategi komunikasi , dimana komunikasi massa sebagai bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) untuk menghubungkan komunikasi dengan komunikasi secara massal, dengan jumlah yang banyak, berada ditempat jauh, sangat heterogen dan menimbulkan efek – efek tertentu.

Sementara media massa salah satu unsur komunikasi massa yang berperan sebagai saluran atau sarana dalam menyampaikan informasi atau pesan secara kredibel.

“Kehadiran media Siber saat ini sebagai komunikasi massa memberikan implikasi yang sangat tinggi dan memberikan perubahan eksistensi media konvensional,” tuturnya.

Fahri menambahkan, media Siber saat ini memberikan ruang bagi siapapun untuk turut serta memproduksi dan menyebarkan informasi fenomena jurnalism warga atau yang dikenal dengan citizen journalism.

Ia juga memberikan apresiasi kepada SMSI Perwakilan Indramayu yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Loka Karya dengan mengundang narasumber yang sangat kompeten. Langkah ini menunjukkan bahwa jurnalis dibawah SMSI mampu memberikan hasil kerja jurnalistik yang kredibel.

Fahri mengingatkan, jika dalam pengolahan data berita harus didasari dengan accuransi, balance, clarity menghasilkan kredibility. Sehingga media Siber harus menjadi mesin strategis komunikasi unggul.

“Sukses selalu untuk SMSI Perwakilan yang, semoga Loka Karya ini bermanfaat untuk Indramayu kedepan,” pungkasnya.

Direktur Utama (Dirut) Perumdam TDA, Ady Setiawan (Foto : Tabroni, SH)

Sedangkan Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu Ady Setiawan mewakili  Bupati Indramayu Nina Agustina yang berhalangan hadir menyebutkan, Serikat media siber Indonesia kedepan terus membantu membangun perusahaan yang profesional sehingga mampu bekerja untuk mewujudkan kebutuhan informasi masyarakat dan mewujudkan kemandirian. Mandiri dan bermartabat.

“Saya ucapkan selamat melaksanakan Lokakarya semoga Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah dan insan pers mewujudkan Indramayu bermartabat,”tutup Direktur PDAM.

Penulis: Tabroni, SHEditor: Yul
  • Bagikan

Comment