Pemerintah Turki dan Suriah Sambut Baik Dukungan Kemanusiaan dari Indonesia

  • Bagikan
Pemerintah Turki dan Suriah Sambut Baik Dukungan Kemanusiaan dari Indonesia (Foto : Red)

Tanganrakyat.id, Jakarta – Pemerintah Turki dan Suriah menyambut baik perhatian dan dukungan dari pemerintah Indonesia terhadap bencana gempa bumi yang terjadi dengan mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana. Duta Besar Ad Interim Turki, Ömer Orhun Çelikkol mengatakan bahwa pemerintah Turki mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Indonesia, baik dari pemerintah maupun publik secara keseluruhan.

“Sampai saat ini, telah banyak bantuan yang dikirimkan (pemerintah Indonesia) ke Turki. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia siap membantu menyalurkan berbagai bentuk bantuan yang dibutuhkan. Kami sangat berterima kasih dengan segala dukungan dari Indonesia,” ujar Ömer dalam keterangannya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa, 21 Februari 2023, usai mengikuti pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah oleh Presiden Joko Widodo.

Ömer menuturkan, tidak hanya pada level pemerintahan, tetapi secara individu masyarakat Indonesia juga turut menyalurkan bantuannya kepada para korban bencana gempa. Ömer pun meyakini bahwa bentuk kemanusiaan ini akan makin memperkuat hubungan antara Indonesia dan Turki.

“Bencana ini juga memberikan landasan yang kokoh untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan persaudaraan kedua negara yang sudah kuat. Ini juga akan menjadi jembatan antara kedua negara dan bangsa kita,” lanjutnya.

Senada, Duta Besar Suriah untuk Indonesia, Abdulmonem Annan juga meyakini bahwa kegiatan kemanusiaan ini akan memberikan memori yang cukup kuat dalam ingatan dunia. Apalagi, menurutnya, saat ini dunia digital telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua orang dapat mengikuti segala kejadian yang terjadi di dunia.

“Begitu mereka melihat bantuan kemanusiaan ini dikirim ke Suriah oleh Presiden Indonesia, hal tersebut akan meninggalkan dampak yang cukup lama dalam ingatan mereka karena negara-negara berkumpul bersama di saat adanya bencana dan kesulitan,” ucapnya.

Baca juga :

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Turki dan Suriah

Abdulmonem mengakui bahwa ini merupakan kali pertama dirinya melihat Presiden dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi memberikan dukungan langsung pada saat terjadi bencana. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa dunia mulai dari negara, pemimpin negara, hingga masyarakat di dunia memberikan perhatian terhadap bencana yang terjadi di Suriah.

“Ini menunjukkan kepada masyarakat di Suriah bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi bencana ini. Mereka mendapatkan dukungan dari saudara mereka dari Indonesia atau negara lainnya yang terletak sangat jauh secara geografi,” kata Abdulmonem.

Editor: Kang Supardi
  • Bagikan

Comment