Baskami Ginting Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Jalan Nasional Di Sumut

  • Bagikan
Baskami Ginting Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Jalan Nasional Di Sumut (Foto : Red)

Tanganrakyat.id,  Sumatra Utara – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting meminta pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk memberikan perhatian kepada kondisi jalan nasional di Sumatera Utara.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, pihaknya hingga hari ini terus mendapatkan masukan dari masyarakat mengenai kondisi jalan di Sumatera Utara.

“Seperti di Langkat, Karo, Labuhanbatu, Perbatasan Simalungun dan lainnya. Kami berharap Kementerian PUPR dapat memberikan perhatian juga kepada kami di Sumatera Utara,” ujarnya, Jumat (12/5).

Baskami mengatakan, berdasarkan data Kementerian PUPR, total panjang jalan nasional di Sumatera Utara adalah 2.632 km, jalan provinsi 3.048 km, jalan kabupaten/kota 27.552 km.

Menurutnya, Sumatera Utara termasuk daerah dengan jalan terpanjang di Indonesia. Oleh karenanya, untuk perbaikan jalan, butuh upaya yang ekstra.

“Di Medan- Kabanjahe misalnya banyak jalan rusak yang belum diperbaiki sampai hari ini. Ada yang sudah diperbaiki, tetap sebatas tambal-sulam. Saya meminta agar hal ini diperhatikan,” tambahnya.

Baca juga :

500 Juta untuk Desa di Jawa Barat PDI Perjuangan wujudkan Desa Kuat, Desa Taman Sari Pembangunan Nusantara

Baskami mengungkap, khawatirannya terkait kondisi jalan yang belum ‘terjamah’ perbaikan. Menurutnya, bila kondisi ini terus dibiarkan, maka kondisi jalan akan menurun, bertambah parah dan kritis.

Baginya, jalan nasional, provinsi dan kabupaten kota yang rusak parah, disebabkan berbagai hal.

“kontruksi yang tidak sesuai spesifikasi teknis, dilewati kendaraan truk yang kelebihan dimensi dan mengangkut muatan lebih ( over dimension and over load/ODOL) dan pembangunan drainase yang tidak sempurna,” pungkasnya.

Berikut data jalan Provinsi Sumut berdasarkan Kementerian PUPR

-Total panjang jalan nasional di Sumatera Utara adalah 2.632 km
-Jaan provinsi 3.048 km
-Jjalan kabupaten 27.552 km.

Jalan nasional Rusak berat: 21 km (0,81 persen) Rusak ringan: 103 km (3,92 persen).

Jalan provinsi Rusak berat: 332 km (10,89 persen) Rusak ringan: 208 km (6,84 persen).

Jalan kabupaten Rusak berat: 9.933 km (36,05 persen) Rusak ringan: 4.226 km (15,34 persen)

Penulis: SNP
  • Bagikan

Comment