Pengurus SP-PBB PT KPI Unit VI Balongan Resmi Dilantik Untuk Masa Bakti 2022 -2025

  • Bagikan
Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP-PBB) Unit Kerja PT KPI RU VI Balongan Wawan Darmawan (Foto : Kang Supardi)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP-PBB) Unit Kerja PT KPI RU VI Balongan sebanyak 105 Orang Pengurus resmi dilantik di Gedung Pertemuan Patra Ayu Indramayu Jawa Barat pada Senen, 22 Mei 2023.

Hadir dalam Pelantikan Ari Gumilar Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Ugan Gandar Pengamat Energi dan juga mantan Presiden FSPPB, Direktur SDM & Penunjang Bisnis, Isnanto Nugroho, Pjs. General Manager PT KPI Unit VI Diandoro Arifian, perwakilan organisasi serikat pekerja di tiap-tiap Unit PT KPI,  tokoh masyarakat, dan berbagai organisasi kemasyarakan.

Pengurus SP-PBB PT KPI Unit VI Balongan Resmi Dilantik Untuk Masa Bakti 2022 -2025 (Foto : Kang Supardi)

Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu (SP-PBB) Unit Kerja PT KPI RU VI Balongan Wawan Darmawan dalam sambutan mengatakan, “Alhamdulillah merupakan ungkapan atas rasa syukur yang pantas kita cantumkan kepada-Nya atas segala nikmat dan sehat yang kita terima hingga saat ini atas pertolongan-Nya juga kita semua bersama hadir di gedung pertemuan Patra Ayu Indramayu Jawa Barat dalam rangka pengukuhan pengurus SP-PBB periode 2022-2025 sholawat dan salam tentunya tak lupa kita selalu sanjungkan dan curahkan kepada-Nya.

Dan teladan kita umat muslim Shallallahu Alaihi Wasallam mudah-mudahan kita sebagai umatnya termasuk golongan yang akan mendapatkan beliau di akhirat nanti. Bapak Ibu serta rekan-rekan para undangan semua yang terkhusus kepada sahabat-sahabat saya pekerja pejuang dan pejuang pekerja. Selamat datang di kota tercinta Kota Indramayu remaja. Wilayah operasi kilang kebanggaan Pertamina internasional. Kebanggaan Pertamina dan kebanggaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai penunjang stabilitas ketahanan energi khususnya menunjang ketahanan ibukota negara yaitu Kilang RU VI Balongan. Atas kehadirannya ditengah kesibukan dan padatnya pekerjaan. Ini merupakan suntikan semangat dan dorongan moril bagi kami SP-PBB.

Pengurus yang akan dilantik nanti adalah pejuang-pejuang muda yang akan menjadi penerus menjaga perusahaan yang kita banggakan ini.

“Hampir seluruh aktivis di unit bisnis Pertamina di seluruh Indonesia dan senior-senior aktivis sebagai mentor dan juga sebagai sahabat pekerja hadir disini dan ini sebagai bukti bahwa soliditas dan solidaritas serta kekeluargaan yang menjadi ruh sebagai aktivis Serikat Pekerja serta rasa percaya rasa cintanya dan sayangnya kepada SP-PBB, korsa… korsa….korsa,” ucap Wawan Darmawan.

Masih Menurut Wawan Darmawan, SP-PBB  sebagaimana yang diamanatkan di dalam misi organisasinya merupakan mitra strategis perusahaan dalam upayanya mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan serta menjaga harmonisasi hubungan industrial yang baik yang saling menghormati dan menghargai kami menyadari pada masa-masa mendatang tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus Serikat Pekerja akan semakin berat menghadapi tantangan baik yang muncul dari internal dan juga dari eksternal. Tantangan yang dimaksud adalah antara lain soliditas pengurus kami menyadari Kami adalah pengurus baru berbagai macam warna berbagai macam karakter berbagai macam latar belakang mayoritas pengurus-pengurus tersebut memerlukan jam terbang memerlukan pendampingan memerlukan dukungan dan juga memerlukan arahan yang lebih baik dari para pendahulu. Perubahan organisasi mau tidak mau Suka tidak suka terjadi sejalan dengan perubahan dan dinamika zaman, adapun perubahan tata kelola organisasi Pertamina sudah terjadi dan sudah menjadi keputusan.

Perubahan tata kelola korporasi yang terjadi sangat berimbas  pada timbulnya keresahan, kegelisahan serta curhatan-curhatan para anggota yang bisa saja berkembang dan tidak terkendali sehingga bisa
mengganggu produktivitas pekerja, ini menjadi tugas bersama untuk menyamakan persepsi antara SP-PBB dengan Perusahaan agar tidak terjadi gejolak diarus bawah.

Sedangkan Direktur SDM & Penunjang Bisnis, Isnanto Nugroho sangat berharap Organisasi SP-PBB agar bisa memaksimalkan perannya. Jadi memang kuncinya bersinergi antara serikat dan perusahaan sehingga tujuan perusahaan juga pekerja dapat tercapai dengan baik.

Arie Gumilar Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina, menyebutkan SP-PBB harus seperti lebah, dimana  lebah selalu memberikan kebermanfaatan bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk orang lain. Tidak pernah hinggap di tempat-tempat yang kotor lebah selalu hinggap di tempat-tempat yang bersih sehingga apapun outputnya dari lebah semuanya bermanfaat.

Ari Gumilar Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Foto : Red

Yang dimaknai oleh kita semua bahwa seluruh pengurus Serikat Pekerja harus memiliki integritas. Jangan pernah kotori sikap dan perbuatan kita dengan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah dan norma yang berlaku karena itu akan menghilangkan kebermanfaatan kita kepada orang lain. Juga tidak pernah mengganggu. Demikian juga Serikat Pekerja keberadaannya tidak boleh menjadi gangguan buat pihak manapun.

Memberikan manfaat seperti lebah hinggap di bunga-bunga dia akan membantu sebuah proses penyerbukan. Tapi jangan pernah sekali-kali mengganggu lebah sekali lebah diganggu maka lebah akan kejar sampai ke manapun, bahkan bukan cuman satu yang mengejar kawan-kawannya koloninya juga ikut mengejar. Mengorbankan dirinya demi menjaga sebuah harga diri demi menjaga sebuah kehormatan.

“Bagaimana organisasi federasi tingkat pekerja Pertamina persatuan beserta seluruh konstituennya itu harus menganut bagaimana kita mengajarkan,” tegasnya.

Lanjut Arie Gumilar, tentunya ketika SP-PBB dikukuhkan kepengurusan yang baru Maka kepengurusan yang lama dinyatakan tidak aktif lagi namun seperti apa yang dikatakan oleh Bung Karno jas merah jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Lain halnya dengan Ugan Gandar Pengamat Energi dan juga mantan Presiden FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) menambahkan kemanapun General Manager kita ikuti selama General Manager dijalan yang benar dan berakhlak.

” Akhlak bukan cuman amanah dan lain-lain tapi mari kita cari  General Manager yang Berakhlak, sehingga bisa mensejahterakan yang dibawah dan yang lebih penting jangan sampai menyumbat saluran komunikasi arus bawah karena bisa menjadi bom waktu,” tutupnya.

Baca juga :

Jelang Istighosah dan Pertamina Bersholawat, Serikat Pekerja Pertamina Balongan Gelar Khitanan Massal dan Santuni 1000 Anak Yatim

Selain Pelantikan Pengurus SP-PBB unit kerja PT KPI Unit VI Balongan, Serikat  juga memberikan penghargaan kepada Pekerja  pemenang anugerah tahun 2022.

Penulis: Kang Supardi
  • Bagikan

Comment