oleh

Medical Pertamina RU VI Adakan Donor Darah dan Pemeriksaan HIV

-Daerah-1.605 views

Tanganrakyat.id – Indramayu– Medical Pertamina RU VI Balongan mengadakan giat kemanusiaan dengan menyelenggarakan donor darah. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu, Senin (9/10).

Kegiatan sosial ini merupakan kerjasama Medical RU VI Balongan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Indramayu yang sudah rutin dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali. 290 orang pendonor darah hadir dalam kegiatan ini yang terdiri atas pekerja Pertamina RU VI, Mitra kerja, keluarga pekerja serta masyarakat umum.

Bukan hanya pendonor aktif saja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, beberapa diantaranya merupakan pendonor baru.

Sebelum mendonorkan darahnya, seluruh peserta wajib melakukan berbagai pemeriksaan seperti pengecekan berat badan, pengecekan Hemoglobin, serta pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui layak atau tidak seseorang untuk mendonorkan darah.

 

Section Head Medical RU VI dr Indah Kurniasih pada kesempatan tersebut menyampaikan, Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan di RU VI sebanyak 3 kali pertahun yang bertujuan untuk membudayakan hidup sehat dan menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

Selain itu, Kegiatan yang selalu dilaksanakan ini juga bertujuan untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Indramayu.

Namun demikian, setiap darah yang didonorkan oleh pendonor tidak semuanya akan diberikan kepada yang membutuhkan, melainkan akan diuji terlebih di laboratorium untuk memastikan darah tersebut terbebas dari berbagai penyakit seperti Hepatitis dan sebagainya, sehingga tidak berdampak buruk untuk orang lain.

Bersamaan dengan kegiatan donor darah, Medical RU VI juga menggelar kegiatan Voluntary Counseling Test HIV Aids atau konseling dan tes HIV sukarela yang bertujuan untuk mengetahui kesehatan sejak dini. Kegiatan VCT tersebut bekerjasama dengan tim VCT dari Puskesmas Jatibarang yang diadakan secara gratis.

Proses konseling HIV berlangsung tertutup sehingga kerahasiaan para peserta konseling terjaga dan tidak disebarluaskan. Diharapkan kegiatan VCT ini bisa memberikan pemahaman kepada seluruh keluarga besar RU VI dan masyarakat umum tentang bahaya HIV serta mencegah tertularnya HIV.(Kang Supardi)

Komentar

News Feed