Dasiwan Janji Akan Peduli Terhadap TKI Jika Nanti Terpilih Sebagai Anggota DPRD

  • Bagikan
Dasiwan, Mantan TKI Yang Mencalonkan Diri Sebagai Caleg DPRD Kab.Indramayu (Foto.Juwarih)

Tanganrakyat.id – Indramayu – Dasiwan (41), mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Taiwan yang maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPRD II Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut 4 dari PDI Perjuangan  Dapil III Indramayu jika nanti terpilih berjanji akan memperdulikan nasib TKI dan keluarganya.

Sebagaimana bunyi slogannya ‘Harga Diri TKI adalah Harga Diri NKRI, Lindungi..!’ yang tertera  dalam alat peraga kampanye yang ia sosialisasikan ke masyarakat di beberapa titik di Dapil III Indramayu meliputi Kecamatan Jatibarang, Sliyeg, Kertasmaya, Sukagumiwang, Tukdana, Bangodua, dan Kecamatan Widasari.

“Jika saya di beri amanat terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten, saya dan TIM SEKAWAN (red. Sedulur Kang Dasiwan) permasalahan TKI akan jadi prioritas kerja kami,” ucap Dasiwan saat ditemui tanganrakyat.id di Desa Gadel, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Kamis (15/11/2018).

Dasiwan mengatakan, awalnya maju nyaleg karena ia terdorong oleh rasa kepedulian dan keprihatinannya terhadap permasalahan masyarakat Indramayu yang bekerja di luar negeri. Dia menganggap persoalan TKI di daerahnya masih belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten maupun DPRD.

Padahal menurut Dasiwan, animo masyarakat Indramayu yang memilih untuk bekerja di luar negeri sangat tinggi dan selalu menduduki rangking pertama se-Indonesia sebagai daerah pengirim TKI (Data BNP2TKI jumlah TKI asal Indramayu Januari – Oktober 2018 sebayak 17.865 orang).

“Lebih dari itu, TKI asal Indramayu juga banyak yang mengalami masalah tercatat di data BNP2TKI dari Januari sampai Oktober 2018 ada 97 Kasus,” papar Caleg Mantan TKI Taiwan.

Lanjutnya, ini sangat ironis. Sebagai daerah pengirim PMI terbesar dengan jumlah PMI yang bermasalah tertinggi, Pemkab Indramayu sejak dulu sampai sekarang belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang khusus mengatur warganya yang menjadi PMI.

“Atas dasar tersebut hati saya terdorong untuk maju nyaleg, dengan harapan saya bisa menyuarakan dan isu-isu TKI di parlemen,” kata Dasiwan.

Dasiwan berjanji jika dirinya nanti terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten Indramayu persoalan TKI akan menjadi prioritas dalam kerja-kerjanya sebagai anggota dewan.

Ini yang diprioritaskan Dasiwan jika terpilih sebagai anggota legislatif :
1. Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan TKI
2. Membuat Posko Pengaduan TKI di Tingkat Desa
3. Mempermudah Akses Informasi TKI
4. Mendorong Terwujudnya Biaya Penempatan TKI yang Murah dan Transparan.
5. Mempermudah Proses Pembuatan Dokumen untuk Calon TKI
6. Meningkatkan Fungsi Balai Latian Kerja (BLK) Daerah untuk Pelatihan Calon TKI dan Asrama Calon TKI
7. Menyediakan Mobil Siaga Perlindungan TKI
8. Pemberdayaan Ekonomi Purna TKI Berbasis Koperasi
9. Menaikan Anggaran Perlindungan TKI
Demikian Program – program yang saya tawarkan ke masyarakat Indramayu jika saya terpilih program tersebut akan kita laksanakan agar ada perubahan yang lebih baik akan nasib TKI indramayu,”tutupnya(KkP/KSpd)

  • Bagikan

Comment