oleh

Penghargaan Proper Emas Kembali Diraih Pertamina RU VI Balongan

-Ekbis, Nasional-1.519 views

 

Tanganrakyat.id – Jakarta – Pertamina Refinery Unit VI Balongan kembali meraih Proper Emas untuk yang keempat kalinya atau quattrick pada malam Penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) periode 2017- 2018 bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (27/12). Penghargaan Proper Emas diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc kepada Direktur Pengolahan Pertamina Budi Santoso Syarif. Turut hadir pada saat penyerahan anugerah Pjs GM Pertamina RU VI Balongan, Nandang Kurnaedi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc menyambut baik pencapaian Pertamina, yang tahun ini mengalami peningkatan prestasi dan juga mendominasi penghargaan.

“Jika ada kategori juara, juaranya adalah Pertamina. Penilaian ini adalah suatu kebanggaan bagi perusahaan,” ujar Menteri Siti.

Menurutnya, lingkungan yang baik akan menguntungkan semua pihak, baik secara kehidupan dan kesehatan. Tidak hanya memberi keuntungan bagi masyarakat, juga bagi perusahaan karena kenyamanan kerja yang terjamin baik akan menimbulkan berbagai penghematan.

Sementara itu Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, Proper ini sejalan dengan strategi Pertamina untuk menjadikan pengelolaan lingkungan sebagai sikap hidup atau budaya dalam unit operasi. Sehingga, bisa mencapai operation excellence dan efisiensi.

“Penghargaan Proper Emas peningkatannya luar biasa, dari 11 menjadi 13 Proper Emas. Peningkatan ini adalah hasil nyata perubahan budaya tersebut,” ujar Heru.

Pertamina Refinery Unit VI Balongan mendapatkan Proper Emas berturut-turut dari tahun 2015 sampai 2018. Program Community Development unggulannya adalah budidaya Jamur Tiram dengan konsep Zero Waste Mushroom Applicated, Pemberdayaan Pemuda Berbasis Safetyman (FOKSI), Ekowisata Mangrove Berbasis Edupark dan Sekolah Mangrove (PLH Tematik Mangrove).

Proper merupakan program penilaian dari pemerintah kepada perusahaan tentang kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper-LH). Dikembangkan sejak tahun 2002 dengan tujuan untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan.

Perusahaan yang mendapatkan peringkat Proper Emas dan Hijau artinya perusahaan tersebut telah berhasil taat terhadap peraturan perundangan baik pelaksanaan dokumen lingkungan/studi lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian emisi udara dan pengelolaan limbah B3. Perusahaan juga dinilai telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik dan melakukan program-program inovasi yang menggunaan sumber daya energi secara efisien, menurunkan emisi gas rumah kaca, melakukan konservasi air, dan berhasil menurunkan dan memanfaatkan limbah B3. Disamping pengelolaan lingkungan, program pemberdayaan masyarakat yang tepat sasaran juga menjadi factor penentu sebuah perusahaan mendapatkan kategori Hijau dan terlebih lagi kategori Emas.

Properda Jawa Barat

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat juga tidak ketinggalan memberikan apresiasi kepada pelaku usaha yang domisili usahanya di Jawa Barat yang telah mengelola lingkungan dengan baik dan memberdayakan masyarakat melalui program Community Development yang telah teruji. Bertempat di Hotel EL Royale Jl. Merdeka No. 2 Bandung, Jumat  (28/12), Pemprov Jabar melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Malam Anugerah Proper dan Properda Tahun 2017-2018 yang mengusung tema ‘Sinergi Industri Dengan Lingkungan Menuju Jawa Barat Juara’.

Penghargaan  Properda diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mewakili Gubernur Ridwan Kamil yang tidak dapat hadir. “Penghargaan Proper dan Properda menjadi salah satu instrumen kebijakan yang sangat strategis guna mendorong penataan penanggung jawab usaha dan atau kegiatan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup,” tutur Iwa.

Selain  penyerahan penghargaan, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat menggelar acara talk show untuk menggali kiat-kiat sukses dari 7 perusahaan penerimaan Properda kategori Emas, termasuk Pertamina RU VI Balongan yang diwakili oleh Unit Manager Communication dan CSR Eko Kristiawan. Talk show tersebut juga mengupas harapan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap pelaku usaha terkait dengan pengelolaan lingkungan dimasa mendatang.(KkP)

Komentar

News Feed