Penegak Hukum Singapura Kagum Lihat Pendidikan Calon Para Jaksa

  • Bagikan
Penegak Hukum Singapura Kagum Lihat Pendidikan Calon Para Jaksa (Foto. Red)

Tanganrakyat.id, Jakarta – Pasca pencanangan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kejaksaan RI, dua negara pun menyambangi institusi yang mendidik para calon jaksa tersebut. Jika Rabu, 24 Juni 2019 Badiklat Kejaksaan RI menerima delegasi Jaksa dari negara Kazkhastan, kini Untung menerima delegasi penegak hukum dari negara Singapura di Kantornya, Komplek Badiklat, Ragunan, Jakarta, Kamis (24/7/2019).

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kabandiklat) Kejaksaan, Setia Untung Arimuladi mengatakan kehadiran Jaksa Singapura untuk melakukan kerjasama pertukaran jaksa dibidang pendidikan hukum.

“Kejaksaan akan mengirim 2 orang jaksa yang meraih penghargaan Prima Adhyaksa pada 2 tahun terakhir, yakni jaksa yang lulua tahun 2017 dan 2018. Mereka akan dikirim untuk belajar ke Singapura. Begitu juga sebaliknya jaksa dari Singapura untuk belajar di Badiklat Kejaksaan RI,” ucap Setia Untung kepada wartawan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Dia menjelaskan pertukaran Jaksa antar negara itu terkait pendidikan, dan ini menindaklajuti dari menindaklanjuti hasil dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Jaksa Agung RI HM Prasetyo dengan Jaksa Agung Singapura Lucien Wong di Bali pada 29 Juni 2017 silam.

“Menindak lanjuti MoU Jaksa Agung Indonesia dengan Jaksa Agung Singapura. Selanjutnya Badiklat RI akan melakukan kerjasama dengan Attorney-General Chambers Academy, ya seperti Badiklat inilah,” ujar dia.

Adapun kata Untung, kesepakatan untuk menindaklanjuti Kerjasama antar kedua negara itu diantaranya memerangi berbagai tindakan kejahatan lintas negara, seperti narkoba, human traficking dan perdagangan satwa langka.

Sementara pejabat penegak hukum dari Singapura yang menyambangi Badiklat RI yakni Ms. Denise Wong Executive Director Attorney-General Chambers Academy atau Kepala Pendidikan Jaksa Singapura, Ms. Peggy Pao Director Crime Division Attorney-General Chambers atau Jaksa Singapura, dan Mr. Shaan Hao, District Judge, State Courts atau Hakim pada Pengadilan Sibgapura.

Ms. Denise Wong, selaku Kepala Pendidikan Jaksa Singapura mengaku kagum melihat sistem pendidikan Jaksa di Badiklat RI. Karena itu dari hasil pertemuan ini akan dilanjutkan dengan kerja sama dengan akademi lembaga kejaksaan Singapura.

“Salah satu kerjasamanya di bidang Pendidikan dengan pertukaran Jaksa. Jadi Jaksa Indonesia diundang ke Singapura, dan Jaksa kami akan di undang ke sini untuk trenning,” ucap Ms. Denise.

Denise juga mengaku kagum melihat fasilitas di Badiklat RI, selain kelengkapan teknologi juga ramah lingkungan. Pasalnya dia bersama dua rekannya diajak untuk meninjau fasilitas seperti sarana olahraga, ruang latihan menembak, serta ruang kegiatan belajar mengajar. Pada kesempatan itu Untung juga mengajak mereka untuk berswafoto di pohon Sawo yang ditanam oleh Presiden I RI Soekarnk di tengah komplek Badiklat tersebut.

“Kami kagum dengan faslitas disini sekaligus berterimakasih sudah diterima oleh Kabandiklat, Pak Untung,” ucap Denies. (KkP)

  • Bagikan

Comment