Batik Complongan Khas Indramayu Raih Rekor MURI

  • Bagikan
Batik Complongan Khas Indramayu Raih Rekor MURI (Foto. Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Batik Complongan khas Indramayu berhasil mencatatkan diri di Musium Original Rekor Indonesia (ORI) yaitu pembuatan Batik Complongan sepanjang 100 meter dengan durasi waktu 492 detik.

Paguyuban Batik Complongan sebagai kreator dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Indramayu, Hj. Nani Indriyani Supendi sebagai sponsor telah berhasil mengadakan prestasi tersebut, Minggu (06/10/2019) di Sport Center Indramayu. Penyerahan rekor dilakukan oleh manajemen ORI kepada Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat.

Batik Complongan Khas Kabupaten Indramayu (Foto. Red)

Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, batik dengan teknik complongan ini hanya terdapat di Indramayu dan biasanya terdapat pada batik tulis halus menggunakan bahan kain primis seiring perkembangan batik cap pun dapat dicomplongi sehingga harganya bisa terjangkau.

Taufik menambahkan, alat yang digunakan dalam Batik Complongan terbuat dari 15-25 mata jarum yang disusun beraturan, dijepit dua potong kayu berukuran 5 cm x 5 cm x 2 cm dengan tali jagung sebagai pengikat.

“Membuat complongan pada kain batik butuh waktu dua hingga empat hari, bergantung dari kerumitan motif batiknya. Lubang-lubang halus itu akan menutup sendiri pada saat pewarnaan. Biasanya warna bintik-bintik halus mengikuti warna yang paling gelap atau warna terakhir dalam pewarnaan, tapi sekarang bisa kita lakukan dalam waktu 492 detik,” tegas Wabup (Yul)

  • Bagikan

Comment