Gempabumi Tektonik M=4.9 Di Kabupaten Tasikmalaya Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Gempabumi Tektonik M=4.9 Di Kabupaten Tasikmalaya Tidak Berpotensi Tsunami (Foto. BMKG)

Tanganrakyat.id, Tasikmalaya Jawa Barat – Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diguncang gempabumi tektonik Jumat, 21 Februari 2020 pukul 07.57.13 WIB,

Dari Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8,17 LS dan 107,50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 11 km.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, ST, M.Si dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, Jum’at, 21 Februari 2020

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda bergantung bergoyang) , dan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 08.21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Hendro Nugroho menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)

  • Bagikan

Comment