oleh

Berbagai Organisasi Kepemudaan Dirikan Posko Indramayu Bersatu Lawan Corona

-Nasional, Sosial-891 views

Tanganrakyat.id, Indramayu- Berbagai Organisasi kepemudaan di Indramayu bersatu untuk antisipasi penyebaran Covid-19 dirikan Posko Kemanusiaan yang bertempat di Gedung Pemuda/KNPI Indramayu Jl. Jend. Sudirman No. 71 Lemah Mekar Indramayu.

Ketua KNPI Kabupaten Indramayu Yoga Rahadiansyah mengungkapkan dari keprihatinannya dan sebagai tokoh pemuda harus didepan dalam mencegah penyebaran Covid-19 maka kita menghimpun seluruh komponen relawan dari masing-masing intansi/ organisasi/kelompok/komunitas dalam upaya pencegahan COVID-19 di Kabupaten Indramayu.

Berbagai Organisasi Kepemudaan Bagikan alat Pelindung Diri Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Kabupaten Indramayu (Foto.Red)

” Selanjutnya kita membentuk suatu pola koordinasi dan komunikasi dalam proses pencegahan COVID-19 di kabupaten Indramayu dikalangan relawan informal dan juga sebagai katalisator dengan Gugus Tugas penanganan COVID-19 kabupaten indramayu. Sebagai pusat informasi dan Gerakan yang mengkolaborikan setiap komponen relawan dan juga pemerintah daerah dalam gugus tugas COVID-19,” ujar Yoga, Jum’at (3/4/2020) di halaman KNPI.

Selanjutnya sebagai sarana untuk dapat saling membantu antara sesama instansi/organisasi/kelompok/komunitas dalam melakukan Gerakan dalam kondisi yang sangat terbatas saat ini.Sebagai sentra pengumpulan dan pendistribusian donasi kebutuhan barang terkait COVID-19 di kabupaten Indramayu. Sebagai sarana ibadah dan eksistensi komponen masyarakat Indramayu, terutama pemuda.

Organisasi Kepemudaan Bagikan Alat Pelindung Diri Tangkal Covid-19 Di Terminal Indramayu Jalan Jenderal Sudirman (Foto.Red)

Nanti kita akan salurkan barang-barang kebutuhan pencegahan COVID-19 seperti Alat Pelindung Diri (APD), Masker, Hand Sanitizer, Cairan Antiseptic/Disinfektan, Botol, Alat Penyemprot, Sarung Tangan, Vitamin, dan lain sebagainya.

Tujuan posko Bersama ini setiap Instansi/Organisasi/Kelompok/Komunitas yang berhimpun, agar dapat selalu berkoordinasi dalam hal kegiatan
mencegah Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Adapun yang tergabung dalam Posko bersama ini diantaranya KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana), Aktivis Kemanusiaan KRI (Komunitas Relawan Independen), WMI (Wira Usaha Muda Indramayu, ACT, Karangtaruna, HIPMI,SAPMA PP, Komando Inti (KOTI) PP, Kosgoro, Baladhika, Fokus Masker, AMS, AMRI, BM, FATAYAT NU, FKPPI, GMNI, PMII, GP Ansor, HMI, IPM, ICMI, IPNU, KAMMI, Purna Paskibraka, Nasiyatul Aisyiah,Pemuda Demokrat, Pemuda Muhamaddiyah, PPM, KPLI, TIDAR, 234 SC , BIM, FOKABI, BEM UNWIR, IIBF, SENKOM Mitra Polri, XTC DPC,, Viking, Gusdurian, IKA Darma Ayu Bandung, IKMI CIREBON, HSE Indramayu, Pemuda PUI, IPPNU, Masika ICMI, Koryo Hakwon, Setia Indonesia.

Selain Pembagian Alat Pelindung Diri Juga Diadakan Sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Untuk Mencegah penyebaran Covid-19 (Foto.Red)

Selanjutnya siang pukul 13:30 WIB berbagai organisasi kepemudaan itu juga bagikan APD di terminal Indramayu hal ini seperti yang terangkan oleh anggota WMI (Wirausaha Muda Indramayu) ustads Tarjani.

“Kegiatan bagi-bagi masker, Handsanitizer dan vit c secara gratis ini merupakan kolaborasi dari berbagai elemen ormas pemuda di indramayu yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesusahan mendapatkan masker dalam mencegah covid 19. Sebanyak 300 masker dan 200 sanitizer serta vit C dapat di distribusikam pada saat itu kepada mereka yang membutuhkan, ” papar Ustads Tarjani, Jum,’at (3/4/2020).

Hal yang sama di ungkapkan Rizky Koordinator ACT wilayah III Cirebon “Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan aksi pembagian masker, handsanitizer, vitamin dan Nasi Kotak dalam rangka penanganan penyebaran covid 19 di Indramayu.

Suasana Pembagian Alat Pelindung Diri Di Jalan Sudirman Kabupaten Indramayu (Foto. Red)

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Lembaga Sosial Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Cirebon bersama Wirausahawan Muda Indramayu dan didukung oleh Komunitas Relawan Independen (KRI), Indonesian Islamic Business Forum, Pikma Wiralodra, Sapma Pemuda Pancasila, Kanda.id, Forum PIK – R, Berbagi Nasi Indramayu, Komunitas Geni Murub, ” ujar Rizky.

Menurut Kang Riki Hermawan salah satu relawan dari ACT yang terjun langsung dilapangan kegiatan ini sengaja dilangsungkan di lingkungan Terminal Tipe B Indramayu dan sebanyak 300 paket (masker, handsanitizer, dan vitamin) kepada masyarakat Indramayu baik yang ada dilingkungan terminal, ataupun pengendara dijalan yang pada saat itu melintas.

Kang Supardi dari Ketua Aktivis Kemanusiaan KRI (Komunitas Relawan Independen) Kabupaten Indramayu yang bergerak di Kemanusiaan, Sosial dan lingkungan sangat mendukung kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh berbagai organisasi kepemudaan di Kabupaten Indramayu.

Kegiatan ini bertujuan membangun rasa kewaspadaan kepada warga masyarakat di wilayah Indramayu khususnya sekaligus bentuk kebersamaan warga Indramayu untuk melawan pandemik virus corona yang saat ini sedang mewabah dibanyak daerah di Indonesia.

Kami percaya dengan gerakan solidaritas ini dan dengan mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap waspada dirumah aja dan menerapkan psychal distancing dan bersama-sama terus menggaungkan Indramayu Melawan Corona semoga wabah Covid-19 dapat segera berakhir. Pungkasnya. (KkP)

Komentar

News Feed