oleh

Corona Virus Disease 2019 Menghebohkan Dunia

-Dunia, Opini-157 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Dunia dihebohkan wabah virus corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 yaitu berasal dari kata  disease 2019, wabah ini muncul pertama kali pada akhir tahun 2019 di Negara Cina/Wuhan.

Virus ini menyebar melalui tubuh yang sehat dengan cara melalui mulut, tangan, lubang hidung dengan lama masa inkubasi sampai dengan 14 hari, tapi bisa juga antara 5 sampai dengan 7 hari memasuki tubuh seseorang bisa melalui rongga mulut atau kerongkongan bisa juga di tempat keramaian, ini di paparkan oleh Aktivis Kemanusiaan KRI (Komunitas Relawan Independen) Kabupaten Indramayu Kang Supardi, atau lebih dikenal dengan nama Kakang Prabu oleh teman-teman relawan kemanusiaan.

“Virus Covid-19 ini suka ditempat lembab kotor dan dingin, penyebarannya juga cepat di keramaian dan perkumpulan orang-orang, oleh karena itu kita harus jaga jarak, menjaga kebersihan rumah, membersihkan daun pintu, cuci tangan sesering mungkin, selalu memakai masker, jaga jarak dengan orang lain sekitar 2 meter,” ujar  Kang Supardi, Sabtu (11/4/2020) pukul 12.00 di Posko KRI.

Lanjut Ketua KRI Virus Covid-19 sebenarnya 80% penderita sembuh tanpa pengobatan sedangkan 70% penderita memerlukan pengobatan dan perawatan kemudian mereka sembuh.(dari berbagai sumber).

Diperkirakan yang meninggal hanya 2 hingga 4% orang, yang sebelumnya sudah menderita penyakit kronis seperti gula darah tinggi dan gangguan pernafasan, sedangkan untuk anak-anak karena imun kuat hingga jarang atau kasus ditemukan pada mereka.

Agar virus Covid-19 penyebarannya tidak makin meluas maka kita dianjurkan untuk tinggal dirumah, menuruti himbauan pemerintah agar bisa memutus mata-rantai penyebaran virus. Kali ini, Soliter adalah Solider. Ini kemanusiaan, jauhi keramaian, sering-seringlah mencuci tangan dengan baik jika batuk atau bersin letakkan sapu tangan di mulut, jaga jarak minimal 2 meter, bersihkan daun pintu, bersihkan komputer, gagang telepon, Hand phone, perabotan dirumah, sering kumur-kumur, dan juga lakukan Gerakan Hidup Sehat setiap saat.

Mudah-mudahan vabah Covid-19 segera berakhir mari bersama kita ikuti anjuran protokol Kesehatan pemerintah agar kehidupan kembali normal kembali. (Yul)

Komentar

News Feed