oleh

Ormas Gantara Terima Wakaf Musholla kuno

-Daerah, Peristiwa-1.167 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Musholla Uswatun Hasanah yang terletak di Blok Kunir Desa Sukaurip Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat adalah satu dari tempat ibadah kuno (ada sejak Zaman dahulu) yang ada di Indramayu.

Berdasarkan cerita dari para tokoh dan sesepuh-sesepuh desa setempat bahwa keberadaan musholla tersebut sudah jauh lebih dulu ada sebelum beliau-beliau lahir. Konon katanya yang menginisiasi pendirian tempat ibadah tersebut adalah Almarhum Almaghfurlah Kyai Sanjam, seorang Tokoh ulama yang menghindar dari konflik perang kemerdekaan era perang Diponegoro dan melarikan diri ke wilayah Kepolo – Singaraja – Indramayu.

Ormas Gantara Terima Wakaf Musholla kuno. (Foto. Red).

Tidak lama kemudian menikahi Nyai Nurkiyah warga masyarakat Desa Sukaurip dan mempunyai 6 keturunan yang salah satunya adalah istri dari Pengasuh Generasi pertama yang bernama Kyai Mas’ud yang nyantri langsung ke ulama kharismatik Nusantara abad 19, Syaikhona Kholil Bangkalan – Madura, putera Demang Plumbon – Indramayu.

Garda Taruna Nusantara (Gantara) yang dikomandoi oleh Advokat Asep Syaefullah, SH., sebagai ormas yang bergerak di bidang hukum dan pemberdayaan masyarakat mulai bulan Februari lalu berdasarkan musyawarah keluarga musholla dan jama’ah mendapatkan amanat untuk membangun dan menerapkan sistem pendidikan Islam berbasis Pondok Pesantren.

Mulai dari diterapkannya sistem pendidikan di Musholla tersebut sampai dengan saat ini, kurang lebih sekitar 4 (empat) bulanan, tidak kurang dari 70 santri yang berasal dari anak-anak dan remaja setempat ikut nyantri di Pondok Pesantren (Ponpes) yang diberinama Al Hakam.

Ormas Gantara Terima Wakaf Musholla kuno. (Foto. Red).

Hal demikian membuat pengasuh generasi keempat Almukarrom KH. Imron Syarqowi, BA., tertarik untuk mewakafkan tanah miliknya yang berdiri diatasnya Musholla Uswatun Hasanah agar tempat ibadah tersebut bisa semakin bermanfaat. Setelah melakukan musyawarah keluarga, akhirnya Musholla tersebut diwakafkan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Taruna Nusantara (Gantara) berdasarkan akta wakaf Nomor : W2/03/KUA.10.12.21/202 yang dibuat dihadapan Kepala KUA Kecamatan Balongan Drs. H. Hasbullah, MHI pada hari Rabu, 10 Juni 2020 siang tadi dan disaksikan oleh Kuwu Desa Sukaurip Kecamatan Balongan Jahadi Suryana.

Semoga Allah ta’ala berkahi harta dan umur Muwakkif. Dan semoga Allah ta’ala mudahkan Gantara untuk memajukan sistem pendidikan Islam yang ada disana agar keberadaan pondok pesantren tersebut dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk para santri, masyarakat dan pemerintah. Ucap Ketua umum Gantara Asep Syaefullah, SH. (C.tisna).

Komentar

News Feed