Kalau Ke Indramayu Ingat Serabi Satiah

  • Bagikan
Satiah Saat Menunjukan Serabi buatannya (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Berkunjung ke Kabupaten Indramayu, rasanya ada yang kurang bila belum mencicipi Kue Serabi, yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan.

Di kota Mangga Kue ini dibuat secara tradisional bahannya juga tampa bahan pengawet di jamin aman buat kesehatan, bahannya terdiri dari Tepung Beras, Kelapa, Garam, dan air secukupnya, cukup sederhana kan. Tapi nanti dalam proses selanjutnya dapat di variasi seperti Serabi Manis, Serabi Dage, Serabi Telur, Serabi Keju oncom dll.

Kue Serabi rasanya sangat lezat, apalagi disantap dengan kuah Pindang, kue ini sangat terkenal di Kabupaten Indramayu membuatnya juga cukup simple adonan diatas kemudian dicetak dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat dan dibakar menggunakan kayu bakar.

Nampak Pelanggan Serabi Satiah Setiap Hari Mengantri (Foto.Red)

Adalah Satiah (40) setelah suaminya meninggal beberapa tahun yang lalu, dia harus berjuang menghidupi anaknya sendiri, sudah empat tahun jualan di depan Pasar Balung Desa Singaraja Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat, tepatnya di depan (MDTA) Madrasah Diniyah Tamiliya Awaliyah (AS-SALAFIYAH).

Satiah sediri tinggal di Desa Singajaya Blok Tledo RT 03 RW 01,dia berangkat jualan setelah Sholat Shubuh dengan cara mendorong gerobaknya ke depan Pasar Balung yang berjarak -+ 800 meter.

Satiah menerangkan untuk resep Serabi buatannya didapat dari warisan turun-temurun dari leluhurnya cuma asal muasal dinamai “Kue Serabi” dia juga belum mengetahui secara pasti.

“Awalnya waktu kecil membantu orang tua yang sudah jualan selama puluhan tahun, hingga saat ini dilanjutkan oleh saya sendiri dengan dengan di kasih berbagai varian seperti susu, Dage,Telur, Keju,” ujar Ijah, (panggilan akrabnya) Sabtu (11/7/2020).

Lanjut Satiah saya sangat bersyukur dengan jualan Serabi pelanggan saya cukup banyak dalam sehari bisa menghabiskan adonan antara 5 Kg malah kadang-kadang habis 9 kg, dan lebih bersyukur lagi berkat jualan Serabi saya dapat Suami orang Cirebon yang suka makan Serabi buatan saya.

Harapannya bagi siapa saja yang pengen mencicipi Serabi buatan saya silahkan mampir di lapak saya depan Pasar Balung Singaraja di jamin ketagihan, buktinya saya sampai dapat suami dari jualan Serabi. He… He.. he…

Salah satu pelanggan Serabi Rubaiyah (45) mengungkapkan bahwa Kue Serabi buatan Satiah enak dan Pulen.

“Serabinya enak dan pulen juga murah meriah hanya Rp. 2000 sudah dapat menimakti Serabi buatan Satiah, hampir tiap pagi saya beli banyak buat sarapan keluarga,” pungkasnya. (Yul)

  • Bagikan

Comment