oleh

Dapat Rekor MURI Pendamping Desa Terbangkan Layangan Batik Khas Indramayu

Tanganrakyat.id, Indramayu-Dalam rangka Hari Batik Nasional Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengadakan beberapa kegiatan diantaranya Gebyar Layang Layang Batik Untuk Indonesia dari Pendamping Desa yang dilaksanakan pada hari selasa 6/10/2020 di seluruh Kabupaten se-indonesia.

Tenaga Pendamping Profesional (TPP) kabupaten indramayu turut bagian dalam kegiatan tersebut. Layang layang Batik Khas Indramayu yang di buat oleh TPP dan di terbangkan menghiasi langit kabupaten indramayu pada hari selasa jam 14.00 wib. menerbangkan layang-layang batik dalam Gebyar Layang-layang Batik (Gelatik) yang memecahkan rekor dunia.

Rekor MURI Siaran Langsung Terbangkan Layangan Secara Daring (Foto.Red)

Koordinator TPP kabupaten indramayu Yana Sudiana., S.Sos. MM. memaparkan bahwa “Gebyar Layang Layang Batik (Gelatik) di Indramayu dilaksanakan di tiga tempat pantai hutan mangrove Karangsong, pantai Plentong desa Ujung gebang dan di Jatimulya tema layangan TPP indramayu.

Batik Khas Indramayu Menjadi Batik Terbaik Di Dunia. Gelatik dilaksanakan secara Virtual online dengan pak menteri desa dan seluruh TPP se-indonesia, pada kesempat yang sangat baik dan langka ini TPP indramayu berkesempatan untuk mempublikasikan Batik Khas Indramayu sekaligus Tempat wisata dan edukasi mangrove, kegiatan publikasi yang diharapkan dapat meningkatnya minat datang ke indramayu, ucapan terima kasih kepada TA. PDP. PDTI. PLD. pemdes Karangsong.

Desa jati mulya kecamatan terisi tempat mnerbangkan layangan batik TPP indramyu (Foto.Red)

Ujunggebang dan Terisi yang sudah bersama sama mensukseskan kegiatan Gelatik sehingga secara keseluruhan mejadikan kegiatan ini mendapatkan Rekor MURI dan menjadi layang layang batik terbanyak di dunia”

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan
“Saya tidak membayangkan para pendamping desa memberikan kejutan yang luar biasa dengan menerbangkan layang-layang di tempat terbanyak di 297 Kabupaten/Kota di 33 provinsi dengan melibatkan 315 tim,
Pendamping Profesional Desa di semua tingkatan menunjukkan prestasi yang membanggakan dan luar biasa bagi kepentingan melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa melalui Gelatik 2020. mengucapkan terima kasih atas partisipasi para Tenaga Pendamping Profesional Desa yang ikut menyukseskan gelaran Gelatik 2020.

Pantai plentong desa ujunggebang kecamatan sukra tempat mnerbangkan layangan batik TPP indramyu (Foto.Red)

Gebyar Layangan Batik untuk indonesia dari pendamping desa yang digelar Kemendes PDTT itu juga menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk prestasi Rekor Dunia dengan Kategori Siaran Langsung Menerbangkan Layang-Layang Secara Daring danTempat Terbanyak.

Ragam motif batik yang dimiliki Indramayu sangatlah beragam, setiap motip memiliki ciri khas karakter tersendiri. Setiap goresan motif batik indramayu merupakan sebuah simbol yang mengandung suatu pesan yang ingin disampaikan. (Red)

Komentar

News Feed