oleh

Menjaga Keberlanjutan Bisnis Secara Keseluruhan PT Pertamina RU VI Adakan SUPREME

Tanganrakyat.id, Balongan-Pertamina RU VI Balongan dengan Fungsi HSSE sebagai penyelenggara kegiatan mengadakan Full Assesment Sustainability Pertamina Expectations for HSSE Management Excellence (SUPREME) sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan bisnis secara keseluruhan sehingga perusahaan bisa beroperasi secara lancar dan efisien dengan mengurangi sekecil mungkin risiko kecelakaan dan juga pencemaran lingkungan.

Dimulai dengan Opening Meeting di Ruang Rapat 1, Gedung Administrasi RU VI, Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 30 November 2020 sampai 4 Desember 2020 bersama Tim Auditor Internal SUPREME (Tim 14) yang beranggotakan 8 Assesor dengan Juli Rusjanto dari Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai Lead Assesor.

General Manager RU VI Hendri Agustian menyampaikan bahwa assesment SUPREME di RU VI merupakan sesuatu hal yang penting untuk memastikan bahwa sistem manajemen risiko HSSE di RU VI telah sesuai kriteria pencapaian hasil yang sudah ditetapkan dalam SUPREME.

“Melalui full assesment SUPREME akan dapat memastikan sejauh mana konsistensi RU VI dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko dengan baik dan benar untuk kemudian dilakukan kontrol yang konsisten dengan benar sehingga list yang ada dapat ditekan ke level yang sesuai.” Ungkap Hendri.

Hendri berharap semoga di tahun 2020 kriteria pencapaian hasil SUPREME RU VI akan meningkat setelah pada tahun sebelumnya berada pada peringkat Kuning (Tolarable/Adequete).

Pada kesempatan yang sama Lead Assesor Tim 14 Juli Rusjanto menjelaskan tujuan pelaksanaan audit internal berbasis supreme ini adalah untuk memastikan HSSE-MS diimplementasikan secara meyeluruh di Pertamina sesuai ekpetasi SUPREME.

“Dengan mampu mengidentifikasi kemampuan organisasi dalam mengelola risiko kegiatan operasional secara efektif, memiliki budaya HSSE generative dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan SUPREME dengan mengedepankan rekomendasi audit yang efektif guna meningkatkan implementasi HSSE MS untuk menjaga keberlangsungan bisnis Pertamina.”, jelas Juli

Cakupan audit internal SUPREME 2020 adalah Plant (Site Physical Tour & Site Barrier Tour), People (Implemetasi budaya HSSE & Fit to Work level verification) dan Process (Audit HSSE Management system) menggunakan SUPREME Internal Audit Protocol (SIAP) dengan dengan 8 Proses dan 190 Ekpektasi.

Baca juga: Enam Kali Pertamina RU VI Balongan Raih Pengharggaan Proper Emas

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan media M-Team yang terbagi di 3 ruangan yaitu Ruang Rapat 1 untuk proses 1,2,8 Ruang Rapat 2 untuk Proses 4,5,6 dan Ruang 8Hub untuk proses 3,7,8 dengan assesor berada di lingkungan kerja masing-masing. (Editor: Yul)

Komentar

News Feed