oleh

Caswita Kuwu Desa Sukadadi Sukses Menyulap Desanya Dengan Masa Jabatan Yang Baru 3 Tahun

Tanganrakyat.id, Indramayu-Caswita Kuwu Desa Sukadadi, Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu, sukses menyulap desanya dengan masa jabatan yang baru 3 tahun. Terbukti, desa yang dulunya terasa penuh dengan jalan yang rusak kini hampir semua sudah di Cor beton.

Seperti yang tengah Ia dan Pemerintah Desa (Pemdes) lakukan baru-baru ini. Pemdes merealisasikan anggaran Dana Desa (DD) Tahap 2 tahun 2020 serta dana bantuan Provinsi Jabar (Banprov) guna mengecor dan betonisasi jalan desa yang sebelumnya rusak dan becek.

“Pertengahan Desember lalu, kita merealisasikan anggaran DD tahap 2 tahun 2020 lalu untuk pengecoran jalan poros desa sukadadi RT06, dengan panjang 281meter, lebar 3meter dan tinggi 20cm serta nilai anggaran mendekati 300 juta. Kemudian dana Banprov untuk pengecoran jalan setapak di sebagian RT 01, 02, 04 dan, 07, sepanjang 551meter dengan lebar 1,2meter tinggi 10cm, serta nilai ± Rp.102 juta,” terang Kuwu Caswita saat di temui di kantor Balaidesa. Senin, (04/01/2021)

Masih menurut pria yang akrab di sapa Kuwu Lencos itu, untuk realisasi DD tahap 3 tahun 2020 dipergunakan untuk rutilahu, jamban desa dan, pembangunan gorong-gorong.

“Pembangunan rutilahu senilai ± Rp.120 juta untuk 10 unit yang tersebar di beberapa RT. Bantuan rutilahu tersebut untuk rumah-rumah warga yang tidak layak sehingga dibantu dengan dana desa. Kemudian pembangunan jamban desa/Wc 20 unit senilai Rp.60 juta untuk warga yang membutuhkan, supaya lingkungannya bersih. Serta pembangunan gorong-gorong desa ada 2 unit senilai ± Rp.16 juta,” katanya.

Tidak sampai disitu, selama 3 tahun menjabat ia sukses menyulap desa Sukadadi dengan membangun kantor Balaidesa, gapura, betonisasi jalan desa, rutilahu dan pembangunan lainnya.

“Kalau kantor Balaidesa Sukadadi dibangun menggunakan dana Banprov pada awal-awal saya dilantik 2018 lalu. Sekurangnya sudah hampir 75% jalan-jalan di desa Sukadadi sudah dibangun dan di betonisasi pada masa saya menjabat sebagai Kuwu. Termasuk pembangunan jembatan blok dales, gapura, rutilahu, pengurasan sungai dan pembangunan lainnya,” tambahnya.

Ia bertekad akan terus meningkatkan pembangunan di desa Sukadadi dan berjuang bersama masyarakkat untuk membangun desa tersebut.

Sementara itu, Saemi warga desa setempat mengungkapkan, untuk pembangunan di masa Kuwu Caswita menjabat, Ia rasa Desa Sukadadi semakin bagus dan berkembang.

“Selama Kuwu menjabat alhamdulillah, desa Sukadadi semakin bagus dengan jalan-jalan yang sudah di cor beton serta pembangunan jembatan penghubung. Dengan pembangunan lainnya di masa sekarang beliau menjabat desa kami terasa semakin berkembang,” pungkasnya. (Candra)

Komentar

News Feed