oleh

Polsek Sukagumiwang Tinjau Banjir di Desa Jengkok Akibat Luapan Sungai Jati Pari

Tanganrakyat.id, Meluapnya sungai Jati Pari mengakibatakan tergenangnya Jalan Desa dan Area Pesawahan di Desa Jengkok Blok Pondok Asem Rt. 14/03 Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Rabu (06/01/2021).

Melihat hal tersebut Polsek Sukagumiwang jajaran Polres Indramayu Polda Jabar melakukan peninjauan lokasi banjir sekaligus melakukan koordinasi dengan Camat Kertasemaya dan Danramil Kertasemaya serta Kuwu Desa Jengkok.

Kapolsek Sukagumiwang Kompol Lindon Affandi melalui Kasubbag Humas Polres Indramayu AKP Budiyanto mengatakan, meluapnya sungai Jati Pari terjadi pada hari Rabu 06 Januari 2020, sekitar pukul 09.00 Wib, ujarnya.

Sambungnya, akibat meluapnya sungai Jati Pari mengakibatakan 16 rumah penduduk tergenang air serta Jalan Desa sepanjang sekitar 200 meter dan Area Pesawahan sekitar 20 Hektar yang baru tanam.

Dijelaskannya, adapun ketinggian air berkisar antara 30-50 Cm. Debiat air mulai naik di sungai Jati Pari Blok Pondok Asem Desa Jengkok pada hari Selasa tanggal 05 Januari 2020, sekitar pukul 17.00 Wib dan puncaknya pada malam hari namun sekarang ini debit air di sungai Jati Pari mulai menurun dan akses jalan sudah bisa dilalui sepeda motor.

Lebih lanjut, saat menemui warga Kapolsek menghimbau masyarakat apabila keadaan luapan air sungai sudah diperkirakan naik dan membahayakan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman bisa di Kantor Desa atau di tempat lainnya.

Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Camat serta Danramil dan Kuwu Desa Jengkok serta masyarakat untuk membuka saluran dan gorong-gorong yang tersumbat.

“Dan pihaknya juga menyiagakan Bhabinkamtibmas dengan maksud agar laporan dan keluhan-keluhan masyarakat dapat di tampung dan memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa Polisi hadir ditengah-tengah mereka yang sedang terkena bencana.” Pungkas AKP Budiyanto. (Candra)

Komentar

News Feed