oleh

HPN 2021, SMSI Dorong Pemulihan Ekonomi dan CSR Swasta Bantu Pembinaan Olahraga Sepakbola Prestasi

Tanganrakyat.id, Bekasi-Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) komitmen mendorong pemulihan ekonomi nasional dan kebangkitan ekonomi kreatif di tahun 2021.

Di wilayah Bekasi Raya, hal itu sudah dimulai. Terbukti dengan adanya reward dari pemerintah berupa penghargaan TJSLP (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan) Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Organisasi pengusaha pers siber konstituen Dewan Pers yang beranggotakan 1.224 perusahaan pers itu.

Reward dari pemerintah diserahkan langsung melalui Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Ekonomi Bappeda Kabupaten Bekasi, M. Irsan Firmansyah, M.Si kepada Ketua SMSI perwakilan Bekasi Raya, Doni Ardon di Bekasi, Jumat (15/01/2021).

“Alhamdulillah kegiatan kita membantu pemerintah mendapat perhatian,” ungkap Doni Ardon dalam bincang ringan dengan sejumlah pengurus Badan CSR Kabupaten Bekasi usai menerima penghargaan Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja, S.H.

Menurut dia, SMSI saat ini kita tengah menyusun strategi membangun Kabupaten Bekasi di wilayah utara dan mendorong kebijakan CSR tahun ini agar arahnya dapat diiimplementasikan untuk kegiatan olahraga.

Dirinya mengingatkan bahwa tahun 2021 merupakan tahun olahraga bagi Kabupaten Bekasi.

Selain menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porda, juga menghadapi musim pertandingan Sepakbola.

“Olahraga prestasi di Kabupaten Bekasi tidak bisa bergantung terus menerus kepada dana pemerintah. Apalagi, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi sangat terbatas. Maka, bantuan perusahaan melalui sponsorship maupun Corporate Social Responsibility (CSR) sangat dibutuhkan,” ungkap manajer kerjasama Persikasi ini.

Adapun peran SMSI akan mensinergikan semua pihak guna meraih potensi yang ada demi membantu kemajuan olahraga di Kabupaten Bekasi.

“Harapan kita dan tentunya harapan masyarakat Kabupaten Bekasi, terutama para fans Persikasi yang tergabung dalam Bhagasasi Persikasi Fans Club bahwa tahun 2021 Persikasi menjadi juara kompetisi sepakbola liga 3 dan naik peringkat masuk liga 2,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Bidang Ekonomi Badan CSR Kabupaten Bekasi M. Irsan, M.Si menegaskan Badan CSR Kabupaten Bekasi akan memfasilitasi sejumlah perusahaan untuk menggelontorkan dana CSR-nya tahun ini terhadap kegiatan olahraga, khususnya sepakbola prestasi melalui Persikasi (Persatuan Sepakbola Kabupaten Bekasi).

“Arah kebijakan CSR dapat diiimplementasikan melalui serangkaian kegiatan di beberapa bidang, salah satunya kegiatan olahraga. Insya Allah dukungan CSR maupun kerjasama sponsorship perusahaan dapat dimaksimalkan guna membantu Persikasi mengukir prestasi dalam laga pertandingan sepakbola tahun ini,” ucapnya.

Irsan menjelaskan, selama tahun 2019 kontribusi CSR yang dikelola Badan CSR Kabupaten Bekasi untuk membantu perekonomian masyarakat mencapai Rp 22 miliar.

Lalu nilainya menurun di tahun 2020, sehubungan situasi pandemi Covid-19.

“Pada penghujung 2020, kita mencoba dongkrak kontribusi CSR tahun 2021 ke depan dengan serangkaian event reward berupa penghargaan CSR dari Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap perusahaan”.

“Bagaimanapun, perusahaan industri itu berproduksi disini, maka kontribusi CSR hendaknya juga digelontorkan disini (Kabupaten Bekasi_red), tidak ke daerah lain”.

“Maka jika sepakat, kontribusi CSR tahun ini bisa kita arahkan untuk membantu kegiatan olahraga, lalu industri industri itu menjadi bapak asuh dan bila perlu kita gelar pertandingan persahabatan dengan mereka,” jelasnya.

Senada hal itu, Ketua 2 Badan CSR Kabupaten Bekasi H. Dedi Supriyadi sepakat mendorong kontribusi CSR tahun 2021 dimaksimalkan untuk membantu kegiatan olahraga, khususnya olahraga sepakbola prestasi.

“Yang saya ketahui musim pertandingan sudah dimulai, semoga Persikasi menang dalam laga pertandingan liga 3 tahun ini dan lolos masuk liga 2 mewakili Jawa Barat,” jelas Kepala Bapeda Kabupaten Bekasi itu. (Red)

Komentar

News Feed