oleh

Prawita GENPPARI Akan Adakan Pelatihan Teknik Survival Wisata Alam Bebas

Tanganrakyat.id, Bandung-Prawita GENPPARI akan mengadakan pelatihan keterampilan tentang teknik survival di alam bebas, hal ini dilandasi banyaknya orang yang menyukai berpetualang dan pecinta wisata di alam bebas, baik di gunung, hutan rimba atau tempat-tempat alam bebas lainnya dan masih sedikit yang memahami akan resiko yang ada pada kegiatan tersebut.

Pengetahuan dan pemahaman akan resiko yang mungkin didapat merupakan suatu faktor yang esensial dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan di alam bebas.

Tekad dan semangat untuk terus hidup, kemampuan teknis dan peralatan penunjang adalah kunci keberhasilan sebuah survival.

Survival bukan hanya bagaimana bisa makan tetapi bagaimana bisa tetap hidup jika terjadi konsisi tertentu di lapangan.Hal itu disampaikan ketua Umum Prawita GENPPARI, Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (1/2/2021).

Dede mengatakan pelatihan akan digelar dengan tujuan untuk membekali para pecinta dan pegiat wisata di alam bebas dengan pengetahuan dan pemahaman teknik survival sehingga masih mampu bertahan untuk tetap hidup dalam kondisi terjelek di hutan belantara.

“Bagaimana bisa tetap bertahan hidup dalam situasi kritis seperti itu bisa dialami siapapun,” kata Dede.

“Siap atau tidak siap, sudah ikut pelatihan ataupun belum, bisa datang tanpa diduga. Oleh karenanya pembekalan ilmu dan keterampilan cara bertahan hidup di tengah belantara hutan menjadi sangat penting diketahui dan dipelajari bersama,” sambungnya.

Adapun objek pembahasan dalam pelatihan ini, meliputi :

– Situasi Bertahan Hidup di Alam Bebas
– “Rules of 3” dalam Survival
– Teknik Dasar Survival
– Perlindungan Terhadap Ancaman Alam
– Static & Dynamic Survival
– Survival Individual dan Kelompok
– Bahaya Hipotermia dan Cara Mengatasinya
– Bivak dan Navigasi
– Pedoman Jika Tersesat
– Sinyal SOS Dalam Keadaan Darurat

“Semoga pelatihan ini nantinya memberi manfaat yang banyak bagi setiap peserta yang mengikutinya sehingga tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam situasi darurat,” pungkas Dede.

Baca juga:Dede Farhan Aulawi: Segera Kembangkan Potensi Wisata di Desa Taraju Tasikmalaya

Selanjutnya informasi lebih lanjut terkait dengan pelatihan ini, bisa menghubungi Lilis di nomor 0813-1253-5153. (Red)

Komentar

News Feed