oleh

Polres Pasaman Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2021

Tanganrakyat.id, Pasaman Barat-Kepolisian Resort (Polres) Pasaman Barat gelar apel pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2021. Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ditengah pandemi corona virus diase-19. Senin,(12/4) di halaman Polres Pasaman Barat.

Apel gelar Operasi Keselamatan Singgalang 202, diipimpin oleh Kapolres Pasbar AKBP. Sugeng Hariadi, S.IK yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Muddasir, SH, MH.

Pada kegiatan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2021, turut diikuti oleh Bupati Pasbar H. Hamsuardi, Dandim 0305 Pasaman yang diwakili, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Pendidikan, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek sejajaran Polres Pasbar, para perwira, satu Pleton TNI, satu Pleton Dinas Perhubungan, satu Pleton Pol PP, personil Polres Pasbar dan Polsek.

Pada apel tersebut, Kabag Ops Kompol Muddasir, SH, MH menyampaikan amanat dari Kapolda sumbar, ada beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan yaitu laksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi/ tempat kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19, menginformasikan semua masyarakat tentang pentingnya kamseltibcar lantas dan pencegahan penularan virus covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan pemasangan spanduk, benner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui midia cetak, elektronik dan midia sosial, dalam  operasi agar mempedoman standar operasional presedur operasi kepolisian sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan kepolisian Nomor 1 Tahun 2019, manajemen, standar keberhasilan operasional Kepolisian Nagara Republik Indonesia serta ketentuan peraturan lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok polri dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,  tindakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas mengedepankan giat preemtif, preventif disertai persuasif dan humanis dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19. Kedepankan sosialisasi tapi tetap ada efek tertib masyarakat dalam berkendaraan, pelaksanaan operasi keselamatan 2021 ini disamping bertujuan meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, guna terciptanya kamseltibcarlantas juga diharapkan dapat menekan terjadinya perkara curanmor diwilayah hukum Polda Sumbar dan apabila menemukan Ranmor yang tidak dilengkapi surat-surat segera koordinasikan dengan Reskrim untuk dapat dilakukan penyelidikan apakah ranmor tersebut hasil dari kejahatan pencurian dan atau penadahan, agar dilibatkan TNI dan Dinas Instansi terkait lainnya didalam operasi sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing agar operasi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan dalam rencana operasi, hindari sikao prilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku yang menyakiti hati masyarakat sehingga berdampak berkurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat kepada Polri khususnya polisi lalu lintas, lakukan analisa dan evaluasi setiap selesai melaksanakan operasi agar operasi yang dilaksanakan pada hari berikutnya dapat berhasil lebih baik lagi.

Selain itu, Ia juga mengatakan Operasi keselamatan singgalang 2021 ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi perturan berlalu lintas dan menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta mematuhi protokol kesehatan untuk memcegah covid-19.

Baca juga:Polres Pasaman Barat Tangkap Seorang Pria Diduga Pelaku Pencurian

“Operasi keselamatan singgalang 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari mulai 12 April sampai 25 April 2021,”sebutnya.
(Syafrizal)

Komentar

News Feed