oleh

Pengunjung Positif Covid-19, Tempat Wisata Tutup Total

Tanganrakyat.id, Indramayu-Guna mencegah penyebaran Covid-19 Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu menutup total semua lokasi objek wisata di Kabupaten Indramayu. Minggu (16/5) Pukul 11.30 WIB sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Tindakan tegas tersebut merupakan kesepakatan dari Forkopimda Kabupaten Indramayu menyusul banyaknya wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Indramayu dan berdasarkan hasil swab acak didapatkan pengunjung yang positif terkonfirmasi Covid-19.

Seperti diketahui, sejak tanggal 13 Mei 2021 (Hari Raya Idul Fitri) Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Penutupan lokasi objek wisata. Namun demikian, surat edaran tersebut tidak serta merta dipatuhi oleh pengelola objek wisata. Para pengelola objek wisata memilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan membatasi jumlah pengunjung hanya 25 persen. Akhirnya, Satgas Covid-19 menerapkan tes rapid antigen di beberapa objek wisata.

Berdasarkan hasil rapid antigen secara acak kepada para pengunjung diberbagai objek wisata oleh Satgas Covid-19 didapatkan pengunjung yang dari luar Kabupaten Indramayu yang positif terkonfirmasi Covid-19.

“Betul hasil rapid antigen secara acak didapatkan pengunjung yang positif,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.

Menyikapi perkembangan dan situasi terkini di Kabupaten Indramayu, akhirnya pada Hari Minggu (16/5/2021) hasil kesepakatan Forkopimda semua objek wisata di Kabupaten Indramayu harus tutup pada pukul 11.30 WIB.

Langkah tegas tersebut diambil agar tidak muncul kasus baru di lokasi objek wisata apalagi bercampur dengan wisatawan dari luar Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina mengatakan, disaat situasi Pandemi Covis-19 yang terus menjadi tugas bersama untuk bisa dicegah penyebarannya, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi atau “Salus Populi Suprema Lex Esto”.

Baca juga:Bupati Nina Agustina Tinjau Penerapan Prokes di Obyek Wisata

Pasca mengikuti video conference (vicon) bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kamis,(13/5/2021) di Pendopo Indramayu menyikapi situasi terkini terhadap mudik lebaran, arus balik lebaran dan Pandemi Covid-19, mengisyaratkan adanya instruksi kepada seluruh kepala daerah di Jawa Barat untuk menutup sementara obyek wisata yang ramai dikunjungi warga. (Yul)

Komentar

News Feed