Menjelang Musim Penghujan Pemkab. Indramayu Gelar Apel Siaga Darurat Bencana

  • Bagikan
Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar, saat diwawancari awak media usai Apel Siaga bencana (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pemerintah Kabupaten Indramayu Jawa Barat menggelar kegiatan apel siaga bencana. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam di Kabupaten Indramayu

Kegiatan apel siaga bencana melibatkan ratusan orang yang terdiri dari F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Indramayu), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Indramayu TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Indramayu,
Relawan FKP3D, ORARI, RAPI, PMI, Senkom, Tagana dan berbagai unsur relawan kebencanaan.

Apel siaga bencana Kabupaten Indramayu dipimpin langsung oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar.

Sekjen F-PRB Ns. Riyanto, S.Kep., M.Kep. saat membacakan ikrar kesiapan penanggulangan bencana (Foto: Red)

Dalam sambutannya apel simulasi siaga bencana menyampaikan, bahwa kita hidup di daerah yang tentunya rawan bencana terutama banjir.

“Selain itu terimakasih atas terbentuknya F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) di Kabupaten Indramayu, terbentuknya F-PRB ini mempunyai peran penting untuk masyarakat dalam pengurangan resiko bencana yang ada di Indramayu,” tegas Bupati Nina Agustina,” Selasa (9/11/2021) saat memberikan sambutan dalam Apel siaga bencana yang di gelar di Alun-Alun Pendopo Indramayu.

M. Alam Sukmajaya, ST, MM Ketua Umum F-PRB Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Foto: Red)

Lebih lanjut Nina Agustina mengatakan dalam bencana menjadi tanggungjawab bersama termasuk BPBD juga harus bisa bersinergi dengan F-PRB serta merangkul kalangan dunia usaha. Karena tumbuh kembangnya dunia usaha juga tidak bisa dipisahkan dari peran masyarakat.

M. Alam Sukmajaya, ST, MM Ketua Umum F-PRB secara terpisah mengatakan, Apel siaga bencana yang dilakukan hari ini #menjadi momentum untuk menyadari bahwasanya indramayu masuk sebagai salah satu daerah rawan bencana dan ini bisa terjadi kapan saja terlebih sekarang yang sudah memasuki musim penghujan kami F-PRB (Forum pengurangan Bencana Risiko Bencana) tentu punya kewajiban membantu pemerintah dalam rangka mitigasi/mengurangi risiko bencana yang akan terjadi di wilayah kabupaten indramayu dimana FPRB punya tugas untuk melakukan kajian secara ilmiah untuk mengurangi dampak risiko yang lebih besar.

Baca juga: Alam Sukmajaya Ketua FPRB: Tanggul Cipanas Longsor Berpotensi Banjir Bandang

Dalam apel siaga juga dibacakan ikrar kesiapan penanggulangan bencana oleh Sekjen F-PRB Ns. Riyanto, S.Kep., M.Kep. yang diucap ulang oleh peserta apel siaga tingkat kabupaten Indramayu sebagai bentuk komitmen bersama dalam menanggulangi bencana yang ada di kabupaten Indramayu, sehingga mengikat seluruh komponen yang ada di kabupaten indramayu untuk bahu membahu dan bertanggungjawab dalam pencegahan serta penanganan bencana di Kabupaten Indramayu. (K.Spd-19497)

  • Bagikan

Comment