Sebagai rasa syukur selesai dilantik Karang Taruna Kabupaten Indramayu santuni anak yatim-piatu

  • Bagikan
Selesai Pelantikan Karang Taruna Kabupaten Jawa Barat selesai dilantik foto bersama (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pelantikan Karang Taruna Kabupaten Indramayu Jawa Barat Masa Bhakti 2020-2025 dilaksanakan di Aula Gedung PGRI.

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu yang dilantik merupakan hasil dari Upgrading di Bumi Perkemahan Ipukan Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat, pada tanggal 9 s/d.10/1/2021 yang lalu.

Yang melantik Pengurus baru tersebut adalah Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar tepat pukul 10:55 WIB, berlangsung di Aula Gedung PGRI Indramayu, Rabu (1/12/21).

Prosesi Pelantikan Pengurus Karang Taruna tingkat Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Foto: Red)

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Indramayu Nomor: 722/Kep. 242-Dinsos/2021 Tentang Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu Masa Bakti Tahun 2020-2025.

Dalam sambutannya, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar, berharap, Karang Taruna Indramayu mampu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan program pembangunan di Indramayu, termasuk mengupayakan hadirnya investasi baru di Kabupaten Indramayu.

“Saya minta kepada Karang Taruna, pertama, bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, karena saya ingin semua bisa sinergi dengan investasi yang akan kita masukan dan kembangkan untuk Indramayu,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Nina, menyebutkan Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda harus senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi dan kelembagaan perannya dalam masyarakat, serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan.

Selanjutnya, terkait pembinaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), diharapkan mampu menumbuhkan potensi dan kemapuan generasi muda karang taruna agar siap dan mampu mencapai tujuan organisasi serta mampu menjadi penggerak dalam proses pembangunan baik di tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu Haji Syaefudin mengatakan, Karang Taruna Indramayu menjadi kader yang potensial untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Indramayu.

Nampak Haji Syaefudin Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu Jawa Barat saat menyantuni anak Yatim Piatu (Foto: Red)

“Mereka non partisan dan mereka berpikir bagaimana berpartisipasi dalam pembangunan Indramayu untuk membantu dari semua tingkatan,” katanya.

Haji Syaefudin mengungkapkan, peran Karang Taruna sebagai mitra kerja pemerintah daerah telah dibuktikan dengan turut andil dalam menangani wabah Covid-19 dan berkesempatan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

M. Alam Sukmajaya, ST, MM, dari Majelis Pertimbangan Karang Taruna menambahkan, sekarang ini masuk pada eranya pemuda/kaum melenial dimana pemuda sekarang dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan memiliki inspiratif untuk bersinergi dengan pemerintah dalam melaksanakan program dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemuda dituntut lebih mandiri tidak ketergantungan tapi bisa menghasilkan karya dan kontribusi nyata ditengah-tenfah masyarakat,” ujar Alam Sukmajaya, yang juga sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Haji Syaefudin: Kita Berdayakan Pemuda Melalui Karang Taruna

Dan sebagai rasa syukur setelah acara prosesi pelantikan selesai dilanjutkan dengan santunan anak yatim piatu. (Kang Supardi)

  • Bagikan

Comment