KWT Raga Ulat Kencana Kembalikan Program P2WKSS

  • Bagikan
KWT Raga Ulat Kencana Kembalikan Program P2WKSS (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Desa Totoran, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu Jawa Barat menerima program P2WKSS (Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera) dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu berupa hewan Itik melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Raga Ulat Kencana yang diketuai oleh Rumila.

Program bantuan ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian para petani di Desa Totoran dan juga mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera serta meningkatkan kedudukan, peran, kemampuan, ketahanan mental dan spiritual kaum perempuan melalui kegiatan lintas sektoral bidang pembangunan pemberdayaan masyarakat pedesaan selain itu juga guna meningkatkan kualitas perempuan dalam pengembangan potensinya, membina tumbuh kembang anak dan remaja, serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Saat perwakilan KWT menyerahkan Hewan Ternak Itik ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu (Foto: Ustads Andry)

Namun ditengah Perjalanan program tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan, Rumilah ketua KWT saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya menerima program itik pada 1/11/2021 lalu, bertepatan dengan adanya acara lomba P2WKSS untuk provinsi.

“Seiring berjalannya waktu, setelah acara perlombaan itik tersebut, mengalami kendala ada yang sakit, hilang dan mati,” ujar Rumila, Jum’at (10/12/2021).

Masih menurut Rumila, berhubung dirasa kurang mampu untuk mengelola bantuan tersebut akhirnya atas persetujuan kelompok KWT menyerahkan kembali ke Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu dengan harapan bisa dikelola oleh Kelompok Tani lainnya.

“Untuk itu kami memutuskan untuk mengembalikan ke pihak Dinas pada tanggal 8 Desember 2021,” ungkapnya.

Secara terpisah Anang Rusmana selaku Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menuturkan, ketika kelompok yang menerima bantuan ternyata tidak mampu memelihara harus dikembalikan kepihak pemberi bantuan dalam hal ini Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu.

“Setelah bantuan tersebut dikembalikan ke pihak Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, maka pihak dinas akan mencari calon penerima lainnya yang siap untuk memeliharanya,” tuturnya.

Sedangkan Muslikh, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pasekan menuturkan, pihaknya telah menerima hewan itik tersebut.

Baca juga: Lagi, Beberapa Pengusaha Arab Tertarik Investasi Di Bidang Perikanan, Peternakan Dan Pertanian

“Kami sudah menerima hewan Itik tersebut dari KWT Desa Totoran, dan kami akan serahkan ke pihak Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu dengan tujuan agar bisa dikelola oleh kelompok tani lain yang lebih mampu, ” tutupnya. (K.Spd-19497)

  • Bagikan

Comment