Pertamina Bekali 100 Pemuda Indramayu, Kompetensi Safetyman

  • Bagikan
Pertamina Bekali 100 Pemuda Indramayu, Kompetensi Safetyman (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Balongan Indramayu-guna meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di Kabupaten Indramayu, PT Kilang Pertamina Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit Balongan menggelar pelatihan Safetyman bagi 100 pemuda yang berdomisili di Ring 1 Kilang Balongan dan Indramayu .

Pembukaan pelatihan safetyman ini dilaksanakan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra, Jum’at (17/12), yang dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda II) Setda Indramayu Maman Kostaman, General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian, Ketua Umum SPPBB Tri Wahyudi, dan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Indramayu Asep Kurniawan.

Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan yang lolos seleksi seluruh tahapan yang dipersyaratkan, mulai dari pemberkasan, ujian tulis, wawancara, kesamaptaan, Psikologi, hingga tes kesehatan. Kegiatan pelatihan safetyman ini dilaksanakan menjadi dua gelombang, untuk batch 1 sendiri telah dilaksanakan pada 13-17 Desember 2021, sementara batch kedua akan dilaksanakan 20-24 Desember 2021.

Pelatihan safetyman dilaksanakan menjadi dua gelombang, untuk batch 1 pada 13-17 Desember 2021, sementara batch kedua akan dilaksanakan 20-24 Desember 2021 (Foto: Red)

GM PT KPI RU VI Balongan Diandoro dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan safetyman ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan program CSR Perusahaan.

Disampaikan Diandoro, Safetyman merupakan pekerjaan penting di berbagai industri karena bertugas menjaga dan mengawal kelancaran pekerjaan serta menjaga keselamatan pekerja. Sehingga, kata Diandoro, sudah menjadi kewajiban dalam setiap proyek yang memiliki risiko tinggi harus memiliki safetyman.

“Kebutuhan safetyman di RU VI sendiri terus meningkat karena beberapa project tengah dilaksanakan, seperta Turn Around (TA) pada awal tahun 2022 nanti”, kata GM.

GM berharap, melalui pelatihan safetyman ini para peserta bisa mendapatkan ilmu dengan keahlian khusus yang tersertifikasi sehingga nantinya bisa terserap di berbagai industri termasuk di proyek strategis yang dilaksanakan di Kilang Pertamina Balongan.

Kegiatan pelatihan safetyman yang digelar Refinery Unit VI Balongan turut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Indramayu. Hal tersebut disampaikan Asda II Indramayu Maman Kostaman, yang hadir mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina.

Dikatakan Maman, pelatihan safetyman ini merupakan kegiatan upskilling yang sangat penting karena merupakan kegiatan peningkatan skill masyarakat dengan keahlian khusus, sehingga lulusan dari pelatihan ini bisa langsung siap diserap disektor industri.

Baca juga: 285 Orang lakukan Donor Darah di Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan

“Pesan Bupati, CSR yang dijalankan Pertamina ini adalah CSR yang bentuknya Produktif yakni bagaimana kita meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Ada”, kata Maman.

Maman berharap, selain bekal keahlian di bidang safety, para peserta safetyman juga harus memiliki attitude yang baik agar bisa diterima di seluruh kalangan dan mendapat kepercayaan di dunia kerja.

Ditempat yang sama Ketua Umum SPPBB (Serikat Pekerja Pertamina Balongan Bersatu) Tri Wahyudi, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan safetyman 2021 ini bisa membentuk satu sinergi dengan Bupati Indramayu dalam hal ini Pemda Indramayu dengan General Manager RU VI Balongan /PT KPI, tentunya akan mendapatkan pahala, karena yang kita berikan kepada merekan calon safetyman ilmu yang bermanfaat.

“Sebagai warga Indramayu /Indonesia mereka akan bekerja sebagai Safetyman, pengalaman kerja nanti setelah sertifikasi bisa dipakai diberbagai perusahaan sebagai Safetyman, apalagi nanti ada proyek diwilayah kerjanya PT KPI RU VI Balongan dan tentu akan menyerap tenaga kerja, oleh karena itu kita siapkan dari sekarang,” tegas Tri Wahyudi, Jum’at (17/12/2021) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Ketum. (Kang Karyono)

  • Bagikan

Comment