Eti Herawati, PNS Berprestasi Kategori Inspiratif di Jawa Barat 2021

  • Bagikan
Eti Herawati, PNS Berprestasi Kategori Inspiratif di Jawa Barat 2021 (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD Provinsi Jawa Barat) mengadakan seleksi penghargaan PNS berprestasi inovatif, inspiratif, dan the future leader.

Kepala SMPN Satu Atap 2 Krangkeng, Eti Herawati, masuk nominator sosok PNS berprestasi kategori inspiratif tahun 2021 bersama 195 orang dari berbagai OPD se-Jawa Barat.

Sosok inovatif yang memimpin salah satu sekolah di perbatasan Indramayu Cirebon itu, mampu mengikuti seleksi tahap 1 meliputi seleksi administrasi, seleksi portofolio dan deskripsi kepribadian, video profil PNS berprestasi, hingga masuk nominasi 36 peserta yang lolos seleksi.

Pada seleksi tahap 2 yaitu presentasi dan wawancara lolos 5 peserta yakni Evrina Budiastuti, mewakili Penyuluh Pertanian Muda Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Iing Daiman, mewakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon,dan Hj. Eti Herawati, mewakili Kepala SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng, Idris,mewakili Dinas Pendidikan Kota Sukabumi dan dr. Eni Rochaeni mewakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

Seleksi tahap 3 yaitu visitasi dan asesmen lapangan dilaksanakan pada hari Kamis 28 Oktober 2021 lalu, bertempat di SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng, Indramayu, Jawa Barat. Dari hasil visitasi ini akan disaring lagi menjadi 3 besar, lewat sentuhan Tim penilai untuk kategori inspiratif adalah Prof. Dr. Hj. Nunuy Nur afiah, MS, AK dari Universitas Padjadjaran, Prof. Yudi Aziz, SE, MA dari Universitas Padjadjaran, Dr. Ferry Hadiyanto, SE., M.A. dari Universitas Padjadjaran, Imam Jahrudin Priyanto Pemred Pikiran Rakyat dan pejabat dari BKPSDM Provinsi Jawa Barat, didukung oleh Kabid Pembinaan SMP,Disdik Indramayu, Supardo, Kasi Tentis, Slamet Rahpandowo, pejabat BKPSDM Kabupaten Indramayu, Guru, TU dan Siswa, Pengurus Komite sekolah, teman-teman kepala sekolah dari rayon 2 dan masyarakat yang mendapat manfaat.

Hasil seleksi tahap 3, telah menghantarkan nominator 3 besar yakni Hj. Eti Herawati, Kepala SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng, Idris, Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, dan Evrina Budiastuti, Penyuluh Pertanian Muda Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai abdi negara yang dinilai masuk nominator PNS berprestasi inovatif, inspiratif, dan the future leader,” tutur Eti saat dikonfirmasi Fokuspantura com belum lama ini.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdik Indramayu, Supardo, mengatakan, sosok Eti Herawati adalah inspirator ASN Kabupaten Indramayu yang telah menepis stigma negatif bagi PNS yang selama ini dianggap kurang berinovasi dan berkontribusi nyata.

“Sosok Ibu Hj. Eti Herawati merupakan salah satu bukti bahwa PNS Indramayu adalah orang-orang yang justru berada di barisan terdepan dalam pengabdian dan pelayanannya kepada masyarakat.

Seperti diketahui, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada PNS yang memiliki motivasi yang tinggi untuk berprestasi berkarya untuk kemajuan daerah Provinsi Jawa Barat, mendorong/menstimulus PNS yang lainnya yang belum mendapatkan penghargaan, menjadikan pendorong dan role model untuk PNS yang sudah mendapatkan penghargaan, dan sebagai salah satu penunjang nilai dalam penerapan sistem merit.

Peserta berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota dan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Adapun syarat peserta yaitu setia kepada Pancasila dan UUD ‘45, Negara, Pemerintah, Pemda, Tidak Pernah terkena Hukuman Disiplin, Diusulkan oleh Kepala Perangkat Daerah/Biro, Menyertakan persyaratan lain yang ditentukan
Untuk kategori inovatif adalah sosok PNS yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk baru, yang berguna baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya.

Untuk kategori inspiratif adalah sosok PNS panutan yang dapat mengilhami, menggerakan, membangkitkan dan mengobarkan semangat bagi diri dan lingkungannya untuk melakukan sesuatu yang positif dan berguna. Kategori future leader yaitu sosok PNS yang memiliki jiwa kepemimpinan yang positif, partisipatif, berorientasi pada hasil, mampu melihat jauhke depan, memiliki kecepatan dalam membuat keputusan, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan zaman.

Aspek yang dinilai dari PNS berprestasi yaitu pengetahuan (Knowledge) meliputi kemampuan dari PNS baik secara formal dan non fomal dikaitkan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya sehari hari. Sikap/perilaku (Attitude) yaitu penilaian atas semua perilaku dan kegiatannya dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sehari-hari, Kepemimpinan (Leadership) untuk pejabat structural. Kreatifitas dan Inovasi (Creativity and lnovasi). (Red)

  • Bagikan

Comment