Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat melantik Nina Agustina sebagai Ketua Mabicab

  • Bagikan
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat melantik Nina Agustina sebagai Ketua Mabicab (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Bertempat di Aula Pendopo Indramayu Jawa Barat, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik Bupati Indramayu Nina Agustina sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu Masa Bakti 2022-2027, Kamis (31/3).

Dalam kesempatan yang sama  Ketua Mabicab Kabupaten Indramayu Nina Agustina  juga melantik Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Suryadi sebagai Kepala Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu Masa Bakti 2022-2027.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, dirinya menyambut baik struktural Mabicab, Kwarcab dan LPK Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu yang diisi sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), Perusahaan, dan Media, sehingga diharapkan semangat kepramukaan di Kota Mangga semakin menggema dan menjadi contoh untuk daerah lain di tanah Pasundan.

“Struktur Organisasi dari Mabicab hingga LPK Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu ini sangat pentahelix sekali, tidak hanya dari pemerintah, tidak hanya dari perusahaan, tidak hanya dari media, jadi saya sangat bangga. Mudah-mudahan ini sebagai contoh untuk kwarcab-kwarcab lainnya di Jawa Barat,” katanya.

Semangat kepramukaan di Kabupaten Indramayu ini diharapkan untuk melaksanakan pekerjaan rumah terkait Permendikbud No. 63 Tahun 2014, bahwa setiap anak sekolah adalah pramuka bisa menggeliat sampai seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, dengan semangat kepramukaan akan mencetak karakter anak-anak bangsa, seperti leadership agar ditularkan untuk kebermanfaatan semua orang lain dan entrepreneurship untuk memberikan kontribusi banyak bagi bangsa dan negara.

“Dibalik seragam yang kita kenakan mengandung tanggungjawab yang luar biasa, sehingga diharapkan terus menggelorakan semangat kepramukaan dengan kebanggaan apa yang dilakukan,” tambahnya.

Apalagi kata Atalia Praratya Ridwan Kamil, Kwarda Jawa Barat menjelang Bulan Suci Ramadhan nanti memiliki terobosan dan inovasi yakni program bernama Rantang Pramuka yang bertujuan memberikan kebaikan dan kebermanfaatan untuk orang lain.

“Jadi Rantang Pramuka ini dalam rangka kaitannya dengan Bulan suci Ramadhan dimana semangat kepramukaan ini diharapkan untuk saling membantu, apa yang mereka makan untuk berbuka puasa nanti untuk berbagai dengan sesama,” harapannya.

Sementara itu Ketua Mabicab Kabupaten Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mengungkapkan, kebahagian tersendiri baginya karena prosesi pelantikan dilangsungkan di Pendopo Indramayu oleh Ketua Kwarda Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

“Hari ini menjadi hari yang membahagiakan sekaligus bangga bagi saya karena Ketua Kwarda Jawa Barat berkenan hadir melantik saya sebagai Ketua Mabicab Kabupaten Indramayu,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah dilantik dirinya bersama Ketua Kwarcab Kabupaten Indramayu dan ranting dibawahnya akan membuat suatu gerakan kepramukaan yang positif untuk mencetak tunas-tunas bangsa di Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Semoga generasi muda di Indramayu menjadi tunas-tunas bangsa yang Bermartabat,” paparnya.

Baca jugaPresiden: Pramuka Harus Jadi Pelopor Disiplin Protokol Kesehatan

Mengingat kata Bupati Indramayu Nina Agustina, Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk membina dan mendidik generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkepribadian yang tangguh, terampil dan mandiri.

Nina berharap, semua pihak yang menjadi bagian untuk kemajuan kepramukaan di Kabupaten Indramayu bisa berkontribusi dam menyukseskan segala program yang diimplementasikan. (Yul)

  • Bagikan

Comment